Kintakun-collection.co.id – Tips Mencegah Efek Negatif Cahaya Komputer. Di era digital ini, mustahil rasanya jika aktivitas kita tak bersentuhan dengan komputer. Terutama bagi kalangan pekerja.
cahaya komputer Berita_wanita_Kintakun_collection | Tips Mencegah Efek Negatif Cahaya Komputer
(Foto: Foxnews)

Komputer memang memberi kemudahan, meski di sisi lain memberi efek buruk terhadap kesehatan mata. Para ahli mengatakan, menatap komputer selama berjam-jam dapat menimbulkan ketegangan pada mata dan kepala.
Hal itu dikenal dengan istilah computer vision syndrome.

Kondisi ini terjadi akibat penggunaan jangka panjang dari perangkat digital seperti laptop, tablet dan smartphone. Menurut American Optometric Association, computer vision syndrome bisa menjadi parah, terutama jika pencahayaan di kantor minim, layar gadget memancarkan cahaya yang menyilaukan, dan postur tubuh yang salah.

Sindrom ini juga dapat menyebabkan mata kering. Karena, Anda berkedip 66 persen lebih sedikit ketika melihat layar sehingga membuat mata Anda menjadi kering.

Jika ini terjadi, perlukan Anda menggunakan kacamata atau lensa kontak?

Belum tentu. Karena menurut Melanie A. Schmitt, Asisten Profesor ophthalmology di University of Wisconsin, memang ada peningkatan kasus rabun jauh akibat terpapar gadget. Namun, para ilmuwan belum dapat memastikan apakah layar secara khusus menyebabkan kerusakan.

Ketika mata Anda terlibat dalam penglihatan jarak dekat seperti membaca artikel di website atau mengecek Instagram, otot kecil bekerja untuk meletakkan sesuatu dalam fokus dengan mengubah bentuk lensa mata. Terlalu banyak mata bekerja dalam jarak dekat dapat menyebabkan ketegangan pada mata.

Ini dapat membuat Anda merasakan mata dalam kondisi tegang dan lelah. Namun, untuk mengatakan efek ini adalah murni dari menatap layar masih belum jelas, menurut Schmitt.

Menurut Mayo Clinic, efek jangka panjang dari perangkat digital terhadap kesehatan mata masih berkembang. Tentunya, melihat layar terlalu lama dapat menyebabkan ketegangan mata dan menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi memiliki konsekuensi jangka panjang yang serius juga.

Sebuah studi terbaru oleh peneliti di Madrid menemukan bahwa lampu LED yang digunakan dalam layar berkontribusi terhadap kerusakan retina di mata tikus percobaan. Tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan apakah efek yang sama dapat terjadi pada manusia.

Apabila Anda bekerja dengan terus menatap layar komputer selama berjam-jam, cobalah mengambil waktu selama 20 detik untuk beristirahat. Lakukan setiap 20 menit sekali.

Anda juga bisa membuat pengaturan cahaya di komputer, pilih yang tidak menyilaukan mata dan menggunakan obat tetes mata untuk meningkatkan kelembapan. Terakhir, pastikan Anda duduk menatap komputer dengan postur tubuh tegak.

sumber : Metrotvnews.com, Jakarta