kintakun-collection.co.id – Mengapa Bumil Rentan Terkena Anemia? Sebagian besar penyebab anemia disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Salah satu kandidat yang cenderung terkena anemia adalah ibu hamil (bumil) atau menyusui. 
Berita_wanita_Kintakun_collection | Mengapa Bumil Rentan Terkena Anemia?
(Foto: Pinterest/Instagram.com)

Sebagian besar penyebab anemia disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Salah satu kandidat yang cenderung terkena anemia adalah ibu hamil (bumil) atau menyusui.

“Ada dua penyebab, pertama kebutuhan ibu yang meningkat karena memberi makan pada janin biasanya tidak disertai penambahan asupan sehingga asupan lebih sedikit dari pengeluaran,” ujar Prof. Dr. Endang L. Achadi selaku Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) dalam konferensi pers Indonesia Bebas Anemia, Rabu (29/3/2017).

Berita_wanita_Kintakun_collection | Mengapa Bumil Rentan Terkena Anemia?

Kemudian, penyebab lain adalah saat persalinan dimana minimal jumlah darah yang dikeluarkan adalah 200 cc. Dengan demikian, asupan yang diperuntukkan untuk ibu dan anak tidak seimbang karena makin berkurang.

(Baca juga: Anemia Tak Terjadi Begitu Saja)

Oleh karena itu, menurutnya, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan peningkatan prevalensi anemia yang lebih tinggi pada ibu hamil (37,1 persen) dibandingkan wanita berusia 15-49 tahun (22,7 persen).

Bumil yang kekurangan atau defisiensi zat besi dapat menyebabkan anak yang dikandungnya mengalami hal serupa.

Berita_wanita_Kintakun_collection | Mengapa Bumil Rentan Terkena Anemia?

Hal tersebut dapat menyebabkan anak ikut terkena anemia. Oleh karena itu, tindakan preventif perlu dilakukan seperti penambahan atau kontrol nutrisi.

“Oleh karena itu, di Indonesia, setiap bumil diwajibkan minum satu Tablet Tambah Darah (TTD) setiap hari,” tambahnya.

 sumber : Metrotvnews.com, Jakarta