Kintakun-collection.co.id – Ternyata selain sehat, Makanan Ini Buat Kulit Terlihat Awet Muda. Melakukan perawatan kecantikan menjadi salah satu cara agar kulit tampak awet muda. Namun, sebaik apapun perawatan kecantikan yang Anda lakukan, tak akan memberi hasil maksimal apabila tak ditunjang pola makan yang sehat.
awet muda Berita_wanita_Kintakun_collection | Tak Hanya Sehat, 5 Makanan Ini Buat Kulit Terlihat Awet Muda
(Foto: Prevention)

Enam dermatologis merekomendasikan beberapa makanan yang membantu meningkatkan hidrasi, melawan keriput dan hiperpigmentasi, mencegah noda, bahkan mengatasi eksim dan psoriasis.

Berikut ini makanan yang dimaksud seperti dilansir Prevention.

1. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk menjaga membran sel, membuat kulit lebih halus, lembut, dan terhidrasi. Buah ini juga kaya fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan. Alpukat mudah berbaur dengan mineral dan vitamin di dalam tubuh, sehingga perbaikan terhadap kerusakan kulit berlangsung lebih cepat. Makan setidaknya satu buah alpukat setiap minggu.

2. Biji rami

Biji rami mengandung senyawa lignan, semacam asam lemak omega-3. Senyawa ini memiliki berbagai macam fungsi, antara lain melawan peradangan yang mengakibatkan jerawat dan kulit kering, serta mengatasi psoriasis dan eksim. Selain itu biji ramni juga baik untuk pencernaan dengan mencegah sembelit.

3. Tahu

Di daerah Florida Selatan, hiperpigmentasi dan bintik hitam menjadi perhatian para warga sepanjang tahun. Untuk melindungi paparan cahaya matahari, penduduk daerah tersebut rutin makan produk olahan kedelay seperti tahu dan tempe, 3-5 kali seminggu. Kedelai memiliki senyawa phytoestrogenic yang dikenal dengan isovlafon. Senyawa ini mampu meningkatkan metabolisme sel, dan membuat kulit tampak lebih cerah.

4. Cokelat

Kakao mengandung flavanol yang telah terbukti dapat memperbaiki tekstur kulit dan mengangkat sel kulit mati. Flavonol pada dark chocolate meningkatkan sirkulasi sehingga kulit terasa lembab.

5. Kacang almond dan yogurt

Almond memiliki manfaat anti-inflamasi. Sementara probiotik pada yogurt terbukti melindungi kulit dari jerawat dan eksim. Para dermatolog juga menyarankan untuk minum teh hijau. Sebab, dalam teh hijau terkandung polifenol yang dapat mencegah kerusakan yang disebabkan sinar UV.

sumber : Metrotvnews.com, Jakarta