Kintakun-collection.co.id – Stroberi Bantu Perlambat Perkembangan Kanker Payudara. Sebuah studi yang menggunakan hewan tikus menunjukkan bahwa buah stroberi bisa membantu melawan kanker payudara.
Stroberi Berita_wanita_Kintakun_collection | Studi: Stroberi Bantu Perlambat Perkembangan Kanker Payudara
Studi: Stroberi Bantu Perlambat Perkembangan Kanker Payudara (Foto: gettyimages)

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak stroberi menghentikan penyebaran sel kanker payidara yang dikembangkan secara laboratorium, bahkan ketika sel tersebut disuntikkan pada tikus untuk menginduksi tumor.

Meski demikian, para peneliti pesimis bahwa hasil tersebut juga akan berlaku pada manusia.

“Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek potensial stroberi pada kanker payudara dan mekanisme molekular. Namun perlu studi klinis dan epidemologi untuk memverifikasi apakah manusia mengalami efek positif yang sama,” kata peneliti studi Maurizio Battino, dalam sebuah pernyataan.

Para peneliti memaparkan sel kanker payudara pada berbagai jenis stroberi varietas Alba selama 24, 48, dan 72 jam. Hasilnya, sel tumbuh sevelum siklus yang seharusnya mereka terbagi dan menyebar.

Kemudian, tikus betina berusia satu bulan melakukan pola makan tinggi ekstrak stroberi dan satu bulan selanjutnya diinjeksikan sela kanker payudara agresif.

Lima minggu kemudian, para peneliti memindahkan penyebaran dari sel kanker pada jaringan sehat sekitar.

“Para tikus mengalami penurunan yang signifikan dalam hal berat badan dan ukuran tumor,” ujar Battino.

Di antara jenis buah serupa, stroberi memiliki kandungan folat dan vitamin C terbanyak dan konsentrasi senyawa fenolik yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

 sumber : Metrotvnews.com, Jakarta