Kintakun-collection.co.id- Olahraga terbukti memiliki manfaat kesehatan. Salah satunya meredakan nyeri haid. Saat haid, hormon tengah berfluktuasi sehingga olahraga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Berikut ini olahraga yang disarankan setiap minggunya agar haid Anda terasa nyaman.
olahraga Berita_wanita_Kintakun_collection | Olahraga yang Baik untuk Mengatasi Nyeri Haid
(Foto: strongertraining)

Minggu 1

Ini adalah minggu dimana progesteron dan estrogen mulai diproduksi. Hormon inilah yang memicu pendarahan dan rasa sakit ketika haid. Pilih latihan yang fokus di area perut, seperti push-up atau lunge karena rasa sakit tak bertahan lama.

Minggu 2

Peningkatan kadar testosteron dapat mempercepat pembentukan otot dengan melakukan olahraga kekuatan. colahraga CrossFit atau angkat beban pada siklus tersebut.

Minggu 3

Ketika Anda mengalami ovulasi pada hari ke-14 di siklus haid, kadar estrogen akan meningkat sehingga tubuh akan lebih senang mengkonsumsi lemak daripada karbohidrat. Olahraga kardio sangat baik dilakukan saat fase ini, misalnya berlari marathon atau jogging.

Minggu 4

Pada fase ini, progesteron mengalami pergolakan atau berada di puncak dimana akan timbul perasaan kembung di bagian perut. Cobalah lakukan aktivitas fisik yang ringan seperti jalan cepat atau Pilates untuk membantu meringankan gejala haid.

sumber :Metrotvnews.com