Kintakun-collection.co.id-Inilah 8 Penyebab Turunnya Kualitas Sperma Pria. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sperma pria menurun dan lemah. Bahan kimia sehari-hari dapat mempengaruhi jumlah sperma dan diam-diam dapat mengacak DNA sperma pria.
sperma pria Berita_wanita_Kintakun_collection | Inilah 8 Penyebab Turunnya Kualitas Sperma Pria
 (Foto: ist)

Sebagian dari Anda, kaum pria mungkin sudah mengetahui bahwa kursi atau jok sepeda dikaitkan dengan masalah disfungsi ereksi. Tetapi, ada kebiasaan sehari-hari yang dapat membunuh sperma Anda.

Berikut ini adalah beberapa daftar “pelaku” pembunuh sperma pria yang dapat Anda hindari.

1. Daging olahan
Menurut penelitian yang dilakukan American Society for Reproductive Medicine, pria yang suka makan sosi, bacon atau daging olahan lain mengalami penurunan kualitas sperma sebesar 30 persen. Sperma mereka juga cenderung lebih lemah. Mulai sekarang, hindari kebiasaan makan daging olahan, perbanyak makan ikan atau sumber makanan laut.

2. Struk belanja
Tanpa disadari, struk kertas belanja dapat mengganggu sperma pria. Sekitar 40 persen dari kertas struk dilapisi dengan kimia Bisphenol A (BPA) yang dapat mengganggu hormon kesuburan serta penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan pria yang terpapar BPA tinggi memiliki kualitas sperma yang rendah. Meski tidak ada bukti langsung struk dengan kualitas sperma, Anda bisa menghindarinya dengan tidak menyimpan kertas struk belanja hari ini.

3. Makanan kaleng
Banyak peneliti percaya bahwa sumber terbesar pencemaran BPA datang dari makanan kaleng. Hampir semua kaleng makanan dari bahan logam dilapisi dengan resin BPA yang dapat berpindah ke makanan. Sebaiknya, pilih makanan segar atau beku untuk makanan Anda sehari-hari.

4. Zat kimia beracun
Sabun, dan pembersih wajah Anda bisa jadi mengandung bahan kimia beracun. Selain itu, air panas lebih mudah membantu zat kimia dilepaskan. Lindungi diri Anda dengan menggunakan sabun sekaligus sampo seperti milik anak-anak. Hindari peralatan mandi yang mengandung pewangi atau beraroma.

5. Pestisida
Pestisida dirancang untuk membunuh hama pada sayuran dan buah-buahan. Namun, ini dapat memberi dampak negatif pada kualitas sperma pria. Biasakan untuk selalu mencuci sayuran dan buah sebelum dikonsumsi. Lebih baik lagi bila Anda mengonsumsi makanan organik.

6. Ikan yang terkontaminasi
PCB atau polychlorinated biphenyls masih sering digunakan untuk mematikan ikan. Dan ini dapat terakumulasi pada ikan yang dapat merusak kualitas sperma. Pilih ikan air tawar dan hindari ikan laut dalam untuk mengurangi bahan kimia berbahaya.

7. Bahan kimia anti lengket
Bahan kimia ini sering ditemukan pada peralatan memasak. Alat memasak anti lengket mengandung asam perfluoroalkyl atau PFFAA dapat menurunkan kualitas sperma pria. Ganti produk anti lengket Anda dengan stainless steel atau keramik.

Hindari juga mengonsumsi popcorn yang dipanaskan dalam microwave karena kertas pembungkusnya mengandung bahan kimia anti lengkt.

8. Gula tambahan
Gula tambahan tersembunyi hampir di setiap jenis makanan olahan. Gula tambahan ini selain dapat memicu diabetes, ini juga dapat membunuh sperma pria. Batasi asupan gula Anda sesuai batasan yang dianjurkan. American Heart Association menganjurkan 5 sendok teh gula untuk wanita, 9 sendok teh gula untuk pria dan 3 sendok teh gula untuk anak-anak.

sumber : Metrotvnews.com