Kintakun-collection.co.id –  “Belum 5 menit!” Kata-kata itu pasti sudah sangat melekat pada Anda entah sudah sejak tahun kapan. Namun, tahukah Anda bahwa ilmu pengetahuan meningkat dan meneliti mitos ajaib dari kata-kata “Belum 5 menit” ini apakah benar-benar aman dari kontaminasi.
Belum 5 menit Berita_wanita_Kintakun_collection | Lupakan Aturan Mitos "Belum 5 Menit"

Studi yang dipublikasikan oleh jurnal Applied and Environmental Microbiology meneliti berbagai makanan yang dengan sengaja dijatuhkan di lantai yang sama sekali tidak kotor.

belum 5 menit Berita_wanita_Kintakun_collection | Lupakan Aturan Mitos "Belum 5 Menit"

Faktanya, para peneliti tetap melihat makanan terkontaminasi bakteri. “Semakin lama makanan tersebut jatuh, semakin banyak bakteri yang mengotaminasinya. Dan tetap saja, walau belum 5 menit, dan baru beberapa detik, makanan yang jatuh bisa merisikokan kesehatan Anda,” ucap Arefa Cassoobhoy, MD, MPH, medical editor at WebMD.

Dalam penelitian ditemukan hal yang sedikit mengejutkan, yaitu makanan yang jatuh di atas karpet justru mendapatkan kontaminasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan lantai keramik atau lantai baja.

belum 5 menit Berita_wanita_Kintakun_collection | Lupakan Aturan Mitos "Belum 5 Menit"

Menurut Berkeley Wellness, ketika Anda memakan makanan yang sudah jatuh (walaupun hanya beberapa detik saja) ini bisa mengandung bakteri seperti E.coli dan Salmonella.

“Jadi kami sarankan, apakah makanan yang telah jatuh itu sepadan dengan risiko yang Anda (mungkin) rasakan. Karena efek masuknya bakteri tersebut bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman di tubuh Anda hingga kematian,” tutup Cassoobhoy.

sumber : Metrotvnews.com