peradangan dalam tubuh Berita_wanita_Kintakun_collection | Jalan Kaki 20 Menit dapat Mengurangi Peradangan dalam Tubuh
Jalan Kaki 20 Menit dapat Mengurangi Peradangan dalam Tubuh (Foto: shutterstock)

Kintakun-Collection.co.id: Dalam sebuah studi, peneliti menemukan bahwa latihan berjalan kaki di treadmill selama 20 menit, dapat menurunkan tanda peradangan dalam tubuh. Secara khusus, sesi latihan 20 menit mengakibatkan penurunan 5 persen jumlah sel kekebalan yang menghasilkan protein TNF.

Setiap kali melakukan olahraga, Anda dapat benar-benar melakukan sesuatu yang baik untuk tubuh pada berbagai tingkatan, termasuk di tingkat sel kekebalan tubuh.

Menurut peneliti Suzi Hig dari University of California San Diego School of Medicine, mencari tahu bagaimana proses yang terjadi adalah kunci untuk dapat memaksimalkan manfaat tersebut.

Studi terbaru mengungkapkan salah satu cara olahraga untuk menciptakan efek anti peradangan. Pertama, hormon yang diproduksi selama latihan seperti epinefrin dan norepinefrin mengaktifkan reseptor yang disebut beta-2 reseptor adrenergik.

Reseptor ini hadir pada banyak sel termasuk sel-sel kekebalan tubuh dan aktivasi in iyang mengarah ke perubahan respin sistem kekebalan tubuh termasuk penurunan sel memproduksi TNF.

“Mengetahui apa yang membuat mekanisme pengaturan protein inflamasi dalam gerakan dapat berkontribusi untuk mengembangkan terapi baru untuk jumlah besar dari individu dengan kondisi inflamasi kronis, termasuk hampir 25 juta orang Amerika yang menderita penyakit autoimun,” kata Hong.

Para peneliti juga menekankan bahwa temuan ini menunjukkan Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu latihan untuk mendapatkan efek anti inflamasi. 20 menit sampai setengah jam latihan moderat, termasuk jalan cepat, sudah cukup untuk bisa mengurangi penyakit akibat peradangan kronis.

(sumber : Metrotvnews.com, Jakarta)