vitamin D Berita_wanita_Kintakun_collection | Konsumsi Suplemen Vitamin D Rutin Efektif Cegah Flu
(Foto: Huffington Post)

Kintakun-collection.co.id Vitamin D lebih dikenal sebagai vitamin untuk kesehatan tulang. Namun, penelitian baru menyebutkan bahwa konsumsi tablet vitamin D setiap hari, atau minimal seminggu sekali dapat melindungi diri dari penyakit pilek dan flu.

Asupan vitamin D mengurangi risiko infeksi pernapasan hingga 12 persen, sama seperti tingkat perlindungan yang diberikan vaksin flu. Selain itu, vitamin D juga penting untuk kesehatan tulang dan sistem imun.

Suplemen tersebut awalnya dikira tak banyak manfaat, namun tahun lalu, Public Health England menyatakan bahwa umumnya orang-orang tidak mendapatkan 10 mikrogram vitamin D perhari, sesuai rekomendasi, saat siang hari di musim dingin.

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam The British Medical Journal menemukan bahwa vitamin D memiliki manfaat lain diluar kesehatan tulang dan otot.

Hasil studi tersebut menemukan bahwa flu dan pilek paling banyak menyerang di musim dingin dan gugur, musim dimana asupan vitamin D paling rendah. Selain itu, terdapat juga beberapa infeksi saluran pernapasan pada bagian sinus, tenggorokan, saluran udara atau paru-paru yang berlangsung hingga 30 hari. Tak hanya pernapasan, infeksi juga mengenai bagian telinga, lalu bronkitis dan pneumonia.

Penelitian lain dari Queen Mary University of London juga melakukan analisa data dari hampir 11 ribu partisipan berusia hingga 95 tahun untuk 25 percobaan klinis di 14 negara.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa suplemen dapat membantu mencegah infeksi salurqan pernapasan akut, terutama mereka yang kekurangan vitamin D.

“Yang perlu digarisbahawai adalah efek perlindungan suplemen viamin D adalah yang paling kuat pada mereka yang kekurangn vitamin D dan lebih baik diberikan secata rutin daripada sesekali namun dosis tinggi,” terang pemimpin studi Professor Adrian Martineau.

(sumber : Metrotvnews.com, Jakarta)