air susu ibu (asi) Berita_wanita_Kintakun_collection | Tanda Bayi Kurang Asupan ASI
Jika masih kurang yakin, ibu bisa berkonsultasi pada ahli laktasi. Sebagian besar ibu tak menyadari bahwa anak mereka tidak mendapatkan ASI yang cukup. (Foto: Pinimg)

Kintakun-collection.co.id: Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan alami yang bergizi dan mudah dicerna bagi bayi sehingga baik untuk sistem pencernaan.

ASI mengandung protein, lemak, mineral, dan vitamin yang alami dengan kuantitas yang tepat. Namun, sayangnya, tak semua bayi mendapatkan asupan ASI yang cukup.

Kebanyakan ibu tak tahu bagaimana cara yang tepat mengecek apakah hasupan ASI anak sesuai dengan kebutuhannya.

Menurut konsultan laktasi bersetifikat intenasional Effath Yasmin, ada empat hal yang mejadi penanda bahwa bayi mendapatkan cukup ASI. Apa sajakah itu?

air susu ibu (asi) Berita_wanita_Kintakun_collection | Tanda Bayi Kurang Asupan ASI

1. Berat badan bayi bertambah dua minggu setelah lahir.

2. Setelah itu, berat badan bayi betambah 150-200 mg setiap minggu setelah dua munggu kelahiran.

3. Bayi mulai buang air besar 3-4 kali sehari setelah berusia seminggu.

4. Bayi tidur siang siang 7-8 kali sehari.

Bila keempat ciri tersebut tidak dialami oleh bayi Anda, kemungkinan si kecil tidak mendapatkan ASI yang sesuai, atau bisa dibilang kekurangan laktasi.

“Ibu bisa meningkatkan frekuensi memberikan ASI agar bayi mendapatkan laktasi lebih banyak. Selain itu, posisi saat memberi ASI juga memengaruhi,” tukas Yasmin.

Jika masih kurang yakin, ibu bisa berkonsultasi pada ahli laktasi. Sebagian besar ibu tak menyadari bahwa anak mereka tidak mendapatkan ASI yang cukup tanpa menyadari bahwa ukuran perut mereka masih cukup kecil sehingga tak bisa memprediksi berapa banyak yang dibutuhkan.