Berita_wanita_Kintakun_collection | Jangan Konsumsi Makanan Ini dalam Kondisi Mentah
Untuk menghindari masalah akibat kentang, sebaiknya masak kentang dengan memanggang, kukus, goreng dan lainnya. (Foto: Potato.ie)

Kintakun-collection.co.id- Makanan mentah rentan mengandung bakteri salmonela dan lainnya yang dapat mengganggu kesehatan jika dikonsumsi. Ketika dalam kondisi mentah, beberapa makanan mengandung racun alami atau gula yang sulit dicerna.

Dua hal ini dapat membuat saluran pencernaan Anda stres sehingga mengganggu sistem pencernaan tubuh. Berikut ini adalah enam jenis makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi dalam kondisi mentah.

1. Kentang
Zat tepung dalam kentang dapat menyebabkan masalah dalam pencernaan, serta dapat memicu gas dalam perut juga kembung. Untuk menghindari masalah akibat kentang, sebaiknya masak kentang dengan memanggang, kukus, goreng dan lainnya. Hindari juga kentang yang berwarna hijau. Karena, kentang ini mengandung konsentrasi tinggi racun solanine yang dapat menyebabkan sakit kepala hingga mual.

Berita_wanita_Kintakun_collection | Jangan Konsumsi Makanan Ini dalam Kondisi Mentah2. Kecambah
Kecambah mentah dapat menjadi sarang bakteri berbahaya seperti salmonella, E.coli dan listeria. Menurut konsultan ahli gizi Lisa Cohn, kecambah yang dimakan mentah sebaiknya dalam keadaan segar dan bagi mereka yang memiliki kekebalan tubuh rendah seperti orang tua, wanita hamil dan anak-anak, sebaiknya hindari makan kecambah mentah.

3. Kacang merah
Kacang-kacangan memang padat nutrisi dan menyehatkan. Namun, pastikan Anda memasaknya terlebih dulu sebelum mengonsumsinya. Kacang merah mentah dapat menyebabkan mual parah, muntah dan diare karena kacang mengandung lektin, phytohaemagglutinin. Untuk menghilangkan racun lektin pada kacang merah, rendam kacang selama 5 jam, lalu rebus minimal 30 menit.

4. Madu
Madu mentah semakin mudah didapatkan di pasaran karena banyaknya orang yang mencari rasa manis alami. Tapi, jangan berikan itu pada anak-anak. Ketika madu mentah tidak dipasteurisasi, ini mungkin mengandung grayanotoxin, neurotoxin alami. Meski tidak mematikan, namun ini bisa sebabkan keracunan.

Berita_wanita_Kintakun_collection | Jangan Konsumsi Makanan Ini dalam Kondisi Mentah

5. Susu
Susu mentah tidak mengalami pasteurisasi. Ini berarti, susu tidak mengalami pemanasan. Padahal, proses pemanasan ini dapat membunuh bakteri seperti salmonella, E. coli dan listeria.

Menurut CDC, penyakit akibat minum susu mentah atau makanan yang terbuat dari susu mentah tengah meningkat terutama di kawasan Amerika. Perlu diingat bahwa proses pasteurisasi susu tidak mengurangi nilai gizi susu.