Kintakun-collection.co.id – gLadies, tahu kah kamu ? ada beberapa makanan yang membuat kamu lelah loh ! yuk simak 5 Makanan yang Bikin Anda Lelah ~
makanan Berita_wanita_Kintakun_collection | 5 Makanan yang Bikin Anda Lelah
(Foto: thinkstock)

Makan merupakan sumber energi bagi tubuh. Agar tubuh Anda tetap berenergi untuk menjalani aktivitas sehari-hari, Anda tak hanya membutuhkan makanan yang sehat tetapi juga berenergi.

Terkadang, tanpa disadari Anda merasa lelah atau mengantuk meski baru saja mengonsumsi makanan. Ini memang bisa saja terjadi akibat makanan yang Anda konsumsi seperti berikut ini.

1. Salad
Mengonsumsi salad untuk makan siang dapat membuat Anda merasa lelah. Ini karena Anda tidak mendapatkan cukup kalori dari salad untuk menjalani aktivitas Anda. Bagi Anda yang diet, salad mungkin merupakan makanan yang ideal. Saus salad juga mengandung tinggi gula yang dapat membuat energi menurun.

Sebaiknya, jika ingin konsumsi sayuran sebagai makanan utama, pilih sayuran seperti jamur, kembang kol, kangkung, buncis dan tambahan protein dari ayam untuk energi yang cukup seharian. Karena makanan seperti ini diubah menjadi energi yang lambat dibakar.

2. Keju dan yogurt
Susu bisa menjadi rahasia di balik kelelahan Anda. Intoleransi terhadap protein dalam susu dapat membuat lelah terlebih di usia Anda yang tak lagi muda. Hal ini bisa terjadi karena tubuh keliru mengembangkan reaksi imunologis terhadap protein, membangun antibodi untuk memobilisasi melawan protein setiap mereka muncul, sehingga menyebabkan kelelahan.

Lelah bukan satu-satunya gejala, tapi ini mungkin memang selalu hadir pada masalah saluran pencernaan. Banyak makanan olahan yang tanpa Anda sadari memiliki padatan susu dan protein di dalamnya.

3. Pisang atau kacang
Pisang diketahui baik bagi kesehatan terutama mengatasi kram otot. Pisang tinggi magnesium, mineral yang membantu membuat otot-otot rileks. Begitupun dengan kacang-kacangan terutama almond, mete dan kacang tanah. Tetapi, makanan kaya magnesium dapat membuat tubuh merasa ingin istirahat bagi beberapa orang.

Orang yang kekurangan magnesium akan langsung merasakan tubuhnya lelah setelah konsumsi makanan dengan magnesium tinggi. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, mual dan kelelahan, gangguan pencernaan atau risiko penyakit celiac.

4. Daging dan telur
Beberapa jenis makanan dapat membuat Anda terjaga semalaman. Namun, ada beberapa jenis makan berat yang dapat membuat Anda merasa lelah atau mengantuk. Makanan asam seperti daging, teur dan susu dapat menyebabkan refluks asam di malam hari. Ini dapat membuat perut Anda tidak nyaman saat tidur di malam hari. Apabila Anda penderita asam lambung, sebaiknya konsumsi makanan ini empat jam sebelum tidur agar tubuh dapat mencernanya dengan baik.

Jika tak ingin tidur Anda terganggu, konsumsi makanan seperti buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

5. Makanan manis dan berlemak
Penelitian menunjukkan bahwa saluran gastro-intestinal menyesuaikan dengan apa yang Anda konsumsi. Jika Anda memiliki lemak rendah dan gula rendah, Anda akan mulai menghasilkan lebih sedikit dari cairan asam lambung dan enzim yang membantu mencerna gula dan lemak dengan mudah. Ini tak hanya menyebabkan masalah pencernaan, tapi juga menurunkan energi.

Sumber : Metrotvnews.com