Kintakun-collection.co.id – Ketahui Masa Kadaluarsa 7 Kosmetik,  Kata kadaluarsa seringkali dikaitkan dengan makanan. Lantas, bagaimana dengan kosmetik?
Kosmetik Berita_wanita_Kintakun_collection | Ketahui Masa Kadaluarsa 7 Kosmetik Ini
(Foto: twenty8)

Tak banyak perempuan tahu bahwa kosmetik juga memiliki tanggal kadaluarsa atau batas waktu penggunaan. Ditambah, tak semua kosmetik mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasan produknya.

Berikut ini panduan kapan Anda harus mengganti kosmetik Anda dengan yang baru.

1. Alas bedak cair

Alas bedak cair boleh digunakan paling lama satu tahun. Ketika Anda menjumpai alas bedak cair dalam keadaan menggumpal dan keras, artinya bakteri telah tumbuh dalam botol. Bakteri ini kemudian menyerap air dan membuatnya menggumpal.

2. Bedak

Ini termasuk bedak padat dan tabur. Bila Anda memiliki keduanya dan telah berusia 2 tahun, disarankan untuk membuangnya.

3. Blush on krim

Bila blush on krim Anda telah dipakai selama 12-18 bulan, sebaiknya jangan digunakan lagi. Lama-kelamaan bila tetap dipakai akan memicu jerawat.

4. Lipstik

Kadar air pada lipstik membuatnya rentan terhadap bakteri. Itulah alasannya mengapa Anda tidak boleh memakai lipstik secara bergantian dengan orang lain. Benda yang bisa memoles bibir Anda ini hanya akan bertahan selama 2 tahun.

5. Lip liner

Lip liner bisa lebih berumur panjang karena dengan mengasahnya bisa membuatnya terus bertahan lebih lama. Tapi perlu diperhatikan pula lip liner hanya mampu bertahan kurang lebih 2 tahun.

6. Maskara

Pemakaian pelentik bulu mata ini sebaiknya tidak lebih dari 6 bulan. Hal ini disebabkan karena tabung maskara menjadi tempat berkembang biak yang baik bagi bakteri.

7. Eye liner cair

Demikian pula dengan eye liner cair ini. Anda harus membuangnya bila telah menggunakannya dalam jangka waktu 6 bulan.

sumber:Metrotvnews.com