bau mulut Berita_wanita_Kintakun_collection | Alasan Bau Mulut Setelah Makan Produk Susu
Alasan Bau Mulut Setelah Makan Produk Susu (Foto: gettyimages)

Kntakun-collection.co.id- Masalah bau mulut seringkali menjadi kendala seseorang saat berbicara. Anda mungkin sudah mengetahui ada beberapa makanan yang bisa memicu bau mulut seperti pete, bawang putih atau jengkol. Tetapi, tahukah Anda bahwa susu dan keju dapat memicu bau mulut?

Saat makan susu atau keju, Anda mungkin tidak berpikir bahwa makanan ini dapat membuat mulut Anda bau. Secara teknis, bau mulut merupakan bagian teknis dari saluran pencernaan Anda. Mengunyah makanan adalah langkah pertama pencernaan Anda.

“Bayangkan ada jutaan bakteri yang berpesta di partikel-partikel makanan dan jaringan di mulut kita, beberapa dari mereka memberikan bau yang menyengat,” kata David Kril, mantan ketua American Academy of Pediatrics Section on Oral Health.

Mikroba yang bekerja untuk mencerna susu padat (laktosa, protein dan lipid), terkadang membuat kelebihan hidrogen sulfida. Inilah sebabnya setelah makan keju mulut Anda akan bau seperti telur busuk.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan? Meskipun Anda tidak dapat menghilangkan bau dengan benar, Anda dapat mengontrol aromanya dengan mengatasi penyebab utamanya yakni bakteri gram negatif.

Ini merupakan keluarga bakteri termasuk E. coli dan chlamydia, yang berlindung di bawah garis gusi Anda atau antara gusi dan gigi, serta antara alur lidah Anda.

Sayangnya untuk mereka yang suka meludah, obat kumur tidak dapat membantu menghilangkan bakteri dan bisa jadi justru membuatnya semakin buruk.

Obat kumur dapat membunuh semua bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Tapi, untuk menghilangkan bakteri gram negatif, Anda bisa menyikat dengan pasta gigi berfluoride setidaknya dua kali sehari atau setiap habis makan.

Pastikan Anda menyikat di tempat bakteri hidup dan menggunakan pembersih lidah juga menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Karena, pada dasarnya kebersihan mulut yang baik dapat membantu melawan bau mulut.

(sumber : Metrotvnews.com, Jakarta)