kintakun-collection.co.id- Pada dasarnya, setiap orang tua ingin agar nafsu makan si kecil begitu baik dan mengesankan. Orang tua juga ingin agar si kecil mendapatkan asupan nutrisi yang baik setiap harinya agar ia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Hanya saja, nampaknya tidak sedikit buah hati yang susah sekali untuk makan. Beberapa buah hati bahkan hanya makan satu atau dua jenis makanan saja dan sangat sulit jika diberi makan sayur serta buah.

nafsu-makan-si-kecil-1 Berita_wanita_Kintakun_collection | Agar Nafsu Makan si Kecil Mengesankan, Biarkan Ia Makan Sendiri

Masalah buah hati kurang memiliki nafsu makan atau susah makan sebenarnya adalah masalah yang bisa dikatakan hampir dialami oleh semua orang tua. Jadi, kita sebagai orang tua tak perlu terlalu pusing menghadapi hal ini. Para ahli kesehatan dan ahli gizi anak menyarankan agar kita sebagai orang tua memiliki cara kreatif untuk membuat nafsu makan si kecil semakin mengesankan. Dikutip dari laman dailymail.co.uk, salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua ketika ia ingin buah hatinya makan dengan baik adalah membiarkan buah hati makan sendiri makanan yang kita sajikan padanya.

Para ahli mengungkapkan jika membiarkan buah hati makan sendiri adalah salah satu cara yang bisa membuat nafsu makan si kecil makin mengesankan. Ini juga mendorong buah hati untuk semakin pintar untuk makan sendiri. Cara ini juga dipercaya bisa meningkatkan kemampuan buah hati dalam memilih makanannya sendiri, mandiri dan bertanggung jawab saat ia dewasa. Menariknya lagi, cara ini bisa membuat buah hati mau makan makanan apa saja yang telah disajikan oleh orang tuanya.

Para peneliti yang melakukan penelitian terhadap 206 bayi di Selandia Baru menemukan jika bayi-bayi yang dibiarkan makan sendiri sejak usia 6 bulan, ia dikatakan lebih cerdas, mandiri dan memiliki nafsu makan yang mengesankan. Bayi-bayi ini bahkan dikatakan menyukai berbagai jenis makanan dan tidak mudah rewel saat makan. Walau buah hati sering kali berantakan saat dibiarkan makan sendiri, ini justru membuatnya menjadi semakin cerdas dan mengesankan.

Lantas, kalau membiarkan buah hati yang masih belia makan sendiri, apakah hal ini tidak berbahaya baginya dan tidak membuatnya tersedak? Bunda tak perlu khawatir. Selama buah hati makan dengan nyaman dan senang, risiko buah hati tersedak dikatakan sangat kecil. Agar buah hati tetap aman selama makan sendiri, bunda tetap harus berada di dekatnya dan tak lepas pengawasan terhadapnya.

Tak hanya para peneliti saja yang menyarankan agar buah hati dibiarkan makan sendiri, ibu muda bernama Andra Alodita nampaknya juga telah lama membiarkan buah hati makan sendiri agar buah hati jadi lebih mandiri.

(sumber : vemale.com)