Kintakun-Collection.co.id- Daging merupakan salah satu sumber protein yang sangat penting untuk tubuh.Namun, apabila kita tidak tahu seperti apa cara menyimpan daging dengan baik dan benar, maka protein yang ada di dalamnya pun akan mudah hilang. Tidak hanya menghilangkan kandungannya saja, penyimpnan yang tidak benar juga akan membuat kondisinya menjadi rusak dan mudah basi.

menyimpan daging 1 Berita_wanita_Kintakun_collection | Tips Menyimpan Daging Sapi dan Kambing Agar Tetap Segar

Seperti yang kita ketahui, daging memiliki berbagai macam jenis seperti daging sapi,daging kambing dan daging yang lainnya. Nah, dari daging sapi dan daging kambing itu sendiri memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda.

Dan di bawah ini tips menyimpan daging sapi dan daging kambing yang bisa anda simak.

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sangat populer di tengah-tengah masyarakat. Namun sayangnya, tidak semua orang tahu seperti apa cara menyimpan daging sapi dengan benar dan baik. Di bawah ini cara menyimpan daging sapi dengan baik dan benar.

1. Suhu

Suhu merupakan salah satu faktor terpenting dalam penyimpanan daging sapi karena suhu sangat berpengaruh terhadap kesegaran dan keawetan daging itu sendiri, suhu yang paling ideal dalam menyimpan daging sapi yaitu -1 derajat celcius sampai 1 derajat celcius. Hal yang perlu anda ingat yaitu, hindari menyimpan daging sapi di atas suhu lima derajat celcius, hal ini disebabkan karena sehu tersebut akan membuat daging sapi menjadi mudah terkontaminasi dengan bakteri yang berasal dari lemari pendingin sehingga dengan begitu daging akan cepat rusak.

2. Pengemasan

Selain suhu, pengemasan juga menjadi salah satu faktor penting dalam menyimpan daging sapi. Agar daging lebih awet dan tidak mudah basi, akan lebih baiknya jika daging dikemas terlebih dahulu sebelum dimasukan ke dalam lemari pendingin. Anda bisa membungkusnya dengan menggunakan plastik wrap.

3. Tempat penyimpanan

Akan lebih baik jika daging sapi tidak disimpan di dalam freezer, karena daging dalam kedaan beku sangat tidak baik dikonsumsi. Apabila daging terlalu beku, maka jus yang ada di dalam daging akan keluar. Dan hal inilah yang akan membuat tekstur daging menjadi tidak baik serta tidak segar lagi. Akan lebih baiknya jika anda menyimpan daging sapi di dalam chiller dengan suhu -1 derajat celcius sampai 1 derajat celcius.

Tips menyimpan daging kambing

Daging kambing biasnaya akan lebih banyak dikonsumsi ketika Idul Adha. Namun, daging kambing akan menjadi lebih alot ketika dimasak dengan cara yang salah. Selain itu, penyimpanan yang salah juga akan membuat daging kambing menjadi alot serta mudah basi. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan ketika menyimpan daging kambing.

1. Berbeda halnya dengan daging sapi yang tidak boleh disimpan dalam keadaan beku, justru daging kambing harus disimpan dalam keadaan beku. Suhu yang paling baik untuk menyimpan daging kambing yaitu sekitar -109 derajat celcius sampai -17 celcius.

2. Sebisa mungkin anda harus menghindari daging kambing dengan air jika tidak akan langsung diolah, karena daging kambing akan mejadi keras apabila terkena air.

3. Sebelum diolah, maka anda harus mencuci daging kambing dengan menggunakan air dingin.

Nah, saat ini anda sudah tahu seperti apa cara menyimpan daging dengan baik. Dan memang pada kenyataannya setiap daging memiliki cara yang berbeda dalam penyimpanannya. Hal ini disebabkan karena daging memiliki ciri serta tekstur yang berbeda-beda pula. Selamat mencoba.