Kintakun-Collection.co.id- Tentu menyenangkan ketika si kecil memasuki usia 6 bulan sudah dapat mencoba makanan padat pendamping ASI. Karena sudah mulai mengenali makanannya, di situ pula terbentuklah pola makan. Tak hanya ASI dan MPASI, si kecil juga memerlukan cemilan/snacking. Salah satu alasan mengapa bayi perlu snacking adalah ia membutuhkan tambahan asupan gizi.

cemilan 1 Berita_wanita_Kintakun_collection | Panduan Memilih Cemilan Sehat untuk Bayi

Memilih cemilan untuk bayi juga tidak bisa sembarangan, Moms. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita ingin memberikannya cemilan sehat. Berikut panduannya.

  1. Tetapkan jadwal makan cemilan antara waktu makan utama agar tidak mengurangi nafsu makan.
  2. Berikan cemilan yang bergizi, untuk memberikan tambahan asupan gizi si kecil.
  3. Cemilan yang baik adalah cemilan yang rendah gula dan rendah lemak. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan kegemukan dan gigi berlubang.
  4. Pilih cemilan yang mampu menstimulasi tumbuh kembang sesuai usia. Misalnya, biskuit genggam untuk melatih kemampuan motorik halus pada bayi usia 6 bulan dan pudding untuk melatih indera perasa dan kemampuan oromotor pada bayi usia 12 bulan.
  5. Sediakan cemilan yang mudah dibuat sehingga mudah disiapkan saat waktu snacking tiba.

Cemilan seperti kelima poin di atas dapat ditemukan pada tiga jenis biskuit genggam Promina yang dibedakan sesuai dengan usia bayi, yakni Baby Rusk (6 bulan), Marie Biskuit (8 bulan), dan Biskuit Arrowroot (12 bulan). Ketiga jenis biskuit ini diperkaya dengan zat gizi lengkap seperti omega 3 dan omega 6, kolin, vitamin A, protein, dan kalsium. Kalorinya rendah sehingga cocok sebagai cemilan.

Teksturnya biskuitnya pun halus dan mudah lumer di mulut. Selain dapat langsung dimakan, biskuit ini juga bisa dijadikan bubur dengan cara dilarutkan bersama susu atau air hangat. Biskuit ini juga melatih anak makan sendiri lho, Moms. Makin sehat dan pintar, tentunya biskuit genggam jadi salah satu makanan pendamping ASI yang nggak boleh terlewat.

(fimela.com)