Kintakun-Collection.co.id- Eits, jangan kecewa dulu. Jarak bukanlah hambatan untuk merasakan euforia kemerdekaan Indonesia bagi kamu yang sedang berada jauh disana. Berikut adalah enam hal yang bisa kamu lakukan untuk turut merayakan hari kemerdekaan di luar negeri.

kemerdekaan indonesia Berita_wanita_Kintakun_collection | Lakukan 6 Hal Ini untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesia di Luar Negeri

Pasang bendera merah putih

Belum lengkap rasanya merayakan hari kemerdekaan kalau kamu nggak mengibarkan bendera merah putih. Jika kamu berada di negara yang nggak mengizinkan mengibarkan bendera di depan rumah, kamu bisa mencoba memasang bendera merah putih di balkon atau jendela rumahmu.

Kalau kamu nggak punya bendera merah putih, kamu bisa membuatnya sendiri dari kertas origami atau bahan kerajinan tangan yang lain. Bendera-bendera tersebut bisa kamu gunakan untuk menghias tempat tinggalmu selama perayaan 17-an.

Adakan mini party dengan teman-temanmu

Perayaan hari kemerdekaan selalu dimeriahkan dengan berbagai lomba tradisional. Daripada bersedih karena nggak bisa ikut lomba di kelurahanmu, mending kamu adakan saja perayaan kecil-kecilan bersama teman-teman di sana. Kamu bisa mengundang teman sesama perantau dari Indonesia untuk bernostalgia bersama atau mengundang teman lain supaya mereka bisa mengenal tradisi negara kita.

Jika kamu mengadakan mini party di rumah, mungkin permainan tarik tambang, balap karung, dan panjat pinang akan sulit dimainkan. Kamu bisa mencoba permainan yang lebih sederhana seperti lomba makan kerupuk, memasukkan pensil ke dalam botol, memindahkan kelereng dengan sendok, dan juga lomba joget balon.

Selain itu, kamu juga bisa memainkan gitar sambil menyanyikan lagu-lagu kebangsaan bersama teman-temanmu.

Rayakan hari kemerdekaan Indonesia dengan tumpengan

Agar suasana perayaan 17-an semakin terasa, kamu bisa coba bikin tumpeng. Makanan yang berbentuk gunung dan dihiasi dengan beragam jenis lauk pauk ini menjadi salah satu makanan wajib ketika merayakan hari kemerdekaan, lho!

Untuk membuat gunung alias nasi kuningnya, kamu hanya perlu memasak beras dengan mencampurkan santan, air kunyit, daun salam, daun serai, serta garam ke dalamnya. Untuk lauk, kamu bisa memasak ayam goreng, telur dadar, perkedel, dan juga tahu goreng. Untuk cara memasak selengkapnya, kamu bisa cek di sini

Dengan hidangan sederhana ini, kamu bisa bernostalgia dengan masakan kampung halaman sambil melakukan tradisi syukuran atas kemerdekaan negara tercinta.

Nonton film-film perjuangan

Dunia perfilman Indonesia juga menyuguhkan berbagai film perjuangan yang bisa kamu tonton untuk mengingat jasa para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Misalnya, film Janur Kuning yang menceritakan serangan umum 1 Maret 1949 dan Trilogi Merah Putih yang menceritakan perjuangan pahlawan pada tahun 1947.

Selain film yang menggambarkan peristiwa-peristiwa heroik, kamu juga bisa menonton film yang menceritakan kisah para pahlawan kemerdekaan, seperti film Tjut Nja’ Dhien, Sang Pencerah, Soegija, Soekarno, Guru Bangsa: Tjokroaminoto, dan juga Jendral Soedirman. Kalau kamu suka film animasi, kamu bisa coba nonton film Battle Of Surabaya yang dirilis pada tahun 2015 lalu.

Ikut acara perayaan kemerdekaan di kedubes

Sama seperti di Istana Negara, Kedutaan Besar negara Indonesia di luar negeri akan mengadakan upacara pengibaran bendera merah putih serta sejumlah acara untuk merayakan hari kemerdekaan, seperti bazaar, pentas seni, dan pertandingan olahraga.

Dengan merayakan kemerdekaan di kedubes, kamu juga bisa bertemu dan berkenalan dengan warga negara Indonesia lain yang ada di negara itu.

Turut merayakan di sosial media

Selain di dunia nyata, kehebohan perayaan kemerdekaan Indonesia juga bisa dirasakan di dunia maya, yakni melalui media sosial. Dengan media sosial, kamu bisa ikut merayakan dan menyampaikan pesan atau harapan untuk Indonesia.

Kamu bisa menulis pesan singkat atau posting foto yang menggambarkan cara kamu merayakan 17-an. Kamu juga bisa memposting foto bendera merah putih yang ditambah caption, quote, dan hashtag tentang hari kemerdekaan.

Dengan melakukan enam cara diatas, dijamin kamu bisa tetap merasakan euforia perayaan 17-an seperti yang ada disini walaupun berada jauh dari tanah air tercinta. Jadi, cara mana yang ingin kamu lakukan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia nanti?

(sumber : http://mozaic.co.id/)