Kintakun-Collection.co.id- Sudah baca artikel-artikel sebelumnya? Kita banyak banget ngebahas soal gaya hijab termasuk gaya hijab syar’i yang mungkin saat jarang diminati. Bahkan bisa saja beberapa dari kamu yang malah nggak begitu tahu soal hijab syar’i. Apa ya itu? Yang perlu tahu, sebelum memutuskan untuk berhijab, hijab biasa dan berkerudung alias syar’i itu berbeda. Gaya syar’i menuntut kita untuk tampil lebih tertutup dan harus sederhana. Bukannya mengada-ada, hal ini disebutkan di kitab suci Al’Quran, lho! Mau tahu beberapa aturan yang perlu kamu tahu soal hijab syar’i? Coba cek di sini!

hijab syar'i 1 Berita_wanita_Kintakun_collection | 5 Aturan wajib bila kamu ingin ber hijab Syar'i

Berhijab syar’i berarti menutupi seluruh tubuh

Kadang-kadang ada hijaber yang masih nakal dengan memakai lengan 7/8 saat berhijab. Nah, hal satu ini, sih, nggak diperbolehkan banget dalam berhijab syar’i. Harus diperhatikan, baju yang kamu pakai harus menutupi seluruh aurat dan cuma boleh memperlihatkan kedua telapak tangan, dan wajah saja.

Tidak ketat

Selain menutupi seluruh tubuh, pastikan baju yang kamu pakai juga tidak ketat sama sekali. Pokoknya, jangan sampai memperlihatkan lekuk tubuh. Oleh karena itu banyak banget hijaber syar’i yang lebih memilih pakai kaftan berlengan panjang buat jadi andalan mereka.

Tidak tembus pandang

Buat seorang non-hijaber, pakai baju tembus pandang saja sudah tidak sopan, apalagi yang berhijab syar’i. Kalau kerudung dan kaftan yang kamu pakai bahannya sedikit menerawang, pastikan lagi untuk pakai dalaman sampai bentuk tubuh kamu nggak terlihat sama sekali.

Tidak pakai baju seperti laki-laki

Tahu artinya, dong? Yup, artinya kamu nggak bisa memakai celana untuk gaya yang satu ini. Sekalipun itu celana bermodel longgar? Menurut aturannya sih begitu. Jadi daripada kamu salah dan ibadah kamu jadi sia-sia lebih baik hindari memakai celana, ya! Kan bisa diganti sama dress panjang dengan warna favorit kamu.

Sederhana

Kalau kamu melihat perempuan berhijab kebanyakan, mereka masih memakai beragam aksesoris seperti bros di kepala, kalung berukuran besar, dan juga cincin. Nah, buat hijab syar’i dandan berlebihan sangat tidak dianjurkan. Paling tidak kamu cuma boleh memakai cincin kawin atau gelang biasa aja. Hindari juga makeup terlalu berlebihan. Yang natural saja masih oke, kok!

Merasa susah berhijab syar’i? Nggak juga, kok, kalau kamu benar-benar niat untuk berhijab gaya ini, cara apapun pasti bisa kamu lakukan dan diberi kemudahan. Biar lebih mudah lagi, kamu bisa cari baju-baju bergaya syar’i di mataharimall.com. Banyak pilihan dan yang paling penting menuruti kelima aturan di atas!