Kintakun-Collection.co.id- Menjelang Lebaran, malam takbiran jadi momen yang ditunggu wisatawan. Asyiknya, ada beragam kegiatan seru yang bisa dilakukan. Anda bisa larut dalam suasana khusyuk di masjid atau memburu aneka belanjaan untuk hari raya.

malam takbiran Berita_wanita_Kintakun_collection | Malam Takbiran di Jakarta, Wisata Seru Sebelum Hari Raya

Tak usah kuatir kalau Anda tidak mudik pada Lebaran kali ini. Beberapa tempat di Jakarta menggelar acara malam takbiran untuk menyambut Lebaran yang meriah. Malam takbiran di Jakarta, jadi wisata seru sebelum Idul Fitri tiba.

Bagi Anda yang mau larut dalam suasana khusyuk, beranjaklah ke Masjid Istiqlal. Berada di Jl Taman Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat, Masjid Istiqlal menggelar malam takbiran di dalam masjid.

“Kita selalu memulai takbiran sejak Maghrib, sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” tutur humas dan protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam kepada detikTravel, Rabu (1/8/2013).

Wisatawan bisa datang dan menggemakan takbir di masjid yang mampu hingga menampung ratusan ribu jamaah ini. Beberapa tokoh seperti menteri agama hingga presiden kadang menyempatkan diri untuk ikut takbiran di Masjid Istiqlal.

“Nanti akan dihadiri menteri agama, tapi tahun ini sepertinya Presiden SBY tak bisa hadir,” kata Abu.

Saat malam takbiran, setengah bagian dari lantai utama Masjid Istiqlal selalu penuh oleh jamaah. Masjid Istiqlal menitikberatkan malam takbiran untuk menggemakan takbir, tidak ada festival bedug atau pesta kemeriahan.

“Memang, kami tidak menggelar festival bedug atau lainnya pada malam takbiran. Di sini kami selalu membesarkan takbiran,” ujar Abu.

Selain itu, beberapa mal di Jakarta juga ikut serta memeriahkan malam takbiran. Di Pondok Indah Mall, ada Sand Castle atau istana pasir yang bisa wisatawan datangi.

“Di Atrium PIM 2 ada Sand Castle. Itu istana pasir yang besar banget dan sudah berlangsung sejak 18 Juli sampai 18 Agustus 2013 mendatang,” ujar humas Pondok Indah Mall, Yunita.

Yunita menuturkan, wisatawan bisa masuk ke dalam istana pasir yang luasnya mencapai 40 meter lebih. Di dalamnya, wisatawan bisa foto-foto, bermain pasir, atau berburu kurma.

“Syaratnya hanya menunjukan struk pembelanjaan minimal Rp 50 ribu saja. Istana pasirnya ala Timur Tengah, sehingga suasana menjelang Lebaran semakin terasa,” terang Yunita.

Beda lagi dengan Grand Indonesia. Mal ini menggelar pertunjukan musik gambus dan religi di Main Atrium. Wisatawan akan semakin tenggelam dalam suasana Ramadan dan semakin tak sabar menunggu datangnya Lebaran.

“Malam Takbiran di GI (Grand Indonesia) penuh dengan musik religi,” ujar Humas Grand Indonesia, Devi.

Asyiknya lagi, hingga malam takbiran Grand Indonesia memiliki Putri Takjil. Mulai dari pukul 17.30 WIB, Putri Takjil akan membagikan takjil atau menu berbuka puasa secara cuma-cuma.

“Malam takbiran, GI tetap buka sampai pukul 22.00 WIB,” tutupnya.