Kintakun-Collection.co.id- Datangnya hari lebaran tinggal hitungan jari. Pastinya Toppers sudah menunggu-nunggu datangnya hari yang fitri ini kan? Yup, setelah 1 bulan berpuasa, semua umat muslim di dunia tentunya sangat antusias untuk menyambut datangnya hari kemenangan ini. Berkumpul bersama keluarga dan menikmati berbagai hidangan khas lebaran, membayangkannya saja sudah membuat kita senangnya bukan main.

lebaran Berita_wanita_Kintakun_collection | 7 Hal Ini Wajib Kamu Persiapkan, Maksimal H-7 Sebelum Lebaran

Nah supaya hari lebaran kamu nanti jadi lebih bermakna, ada beberapa hal yang wajib kamu persiapkan, maksimal 7 hari sebelum lebaran tiba. Kira-kira apa saja yah, Toppers? Langsung saja cari tahu di bawah ini yuk!

Persiapkan diri kamu untuk menyambut datangnya hari yang fitri

Sebelum mempersiapkan keperluan lainnya, jangan lupa untuk mempersiapkan diri kamu untuk menyambut lebaran. Bukan soal persiapan baju baru ataupun rambut baru, tapi lebih ke persiapan batin yang suci. Disini kamu bisa melakukan evaluasi terhadap ibadah puasa yang kamu lakukan selama bulan ramadhan, apakah ibadah dan amal yang kamu lakukan selama kurang lebih 3 minggu ini sudah maksimal atau belum. Jika belum, kamu bisa memanfaatkan 1 minggu terakhir di bulan ramadhan ini untuk memaksimalkan ibadah puasamu dan melakukan banyak kegiatan amal.

Sambut tamu dengan kondisi rumah yang nyaman dan terkesan luas

Lebaran menjadi momen yang paling tepat untuk bersilahturahmi ke rumah sanak saudara. Nah karena pastinya akan banyak saudara yang datang bersilahturahmi ke rumahmu, tatalah rumah senyaman mungkin. Kamu bisa menyimpan perabotan yang tidak diperlukan ke gudang agar rumahmu terkesan lebih luas dan tidak terasa sumpek saat banyak tamu yang datang.

Kamu juga bisa menghiasi rumahmu dengan dekorasi khas lebaran seperti gantungan ketupat dan menata perabotan rumah dengan dekorasi yang senada, seperti menggunakan Sarung Home Set. Kamu bisa memakaikan “baju” yang sama untuk semua perabotan rumah kamu, mulai dari bantal sofa, sarung kulkas, sarung magic com, galon, tempat tissue hingga taplak meja. Selain bisa membuat perabotan rumahmu tampak makin cantik, Sarung Home Set ini juga berfungsi untuk melindungi perabotan rumah dari debu.

Mempercantik diri sebelum lebaran memang tidak ada salahnya, asalkan jangan berlebihan

Setelah mempercantik batin, tidak ada salahnya kamu juga mempercantik diri untuk menyambut datangnya hari nan fitri. Persiapan seperti baju baru, sepatu baru dan mungkin rambut baru bisa kamu lakukan di sela-sela waktu ngabuburit. Tapi ingat untuk selalu mengontrol diri kamu yah, Toppers. Jangan sampai kamu “kalap” berbelanja dan akhirnya pengeluaran kamu diluar budget lebaran yang sudah ditentukan sebelumnya. Selalu lah ingat untuk membeli barang dengan mengikuti kebutuhan, bukan keinginan. Karena pada dasarnya, lebaran itu bukan hanya sekedar tentang baju dan penampilan baru, tapi tentang batin yang baru dan suci setelah 1 bulan penuh berpuasa.

Makanan, salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari yang namanya lebaran

Kalau bicara soal lebaran, pasti tidak lepas dari yang namanya ketupat, opor ayam, rendang, kue kering dan makanan khas lebaran lainnya. Nah menjelang lebaran, kamu bisa mulai mempersiapkan bahan untuk membuat makanan-makanan ini. Atau jika tidak sempat untuk memasaknya sendiri, kamu bisa memesan makanan dari para penjual makanan khas lebaran yang ada di lingkungan sekitar rumahmu.

Jangan lupakan tradisi bagi-bagi THR di hari lebaran

Memberi THR atau angpao kepada anak-anak jadi salah satu tradisi yang tidak pernah dilewatkan saat lebaran. Khususnya untuk kamu yang sudah bekeluarga, jangan lupa untuk mempersiapkan angpao yang akan kamu berikan ke ponakan, anak tetangga dan juga keluarga lainnya. Kamu bisa pergi ke bank untuk menukarkan pecahan uang kecil agar tidak kerepotan sendiri mencari uang kecil saat sudah mendekati hari lebaran nanti.

Menjelang lebaran, memang banyak jasa-jasa penukaran uang di pinggir jalan, tapi biasanya orang-orang yang menawarkan jasa penukaran uang mematok biaya tertentu untuk sekali menukarkan uang. Karena itu, lebih baik kamu langsung menukarkan uang di bank, karena biasanya tidak dikenakan biaya administrasi, atau jika pun ada, biaya tambahan yang dikenakan pastinya akan lebih kecil daripada menukarkan uang di pinggir jalan.

Mau ngirim parcel ke teman atau keluarga? Mending rangkai parcelnya sendiri

Menjelang lebaran, deretan parcel-parcel cantik bisa dengan mudah kita temui di pusat perbelanjaan. Nah jika kamu juga ingin mengirimkan parcel cantik ke sanak keluarga ataupun teman terdekat, lebih baik kamu merangkai sendiri parcel untuk menghemat pengeluaran selama ramadhan. Dengan merangkai parcel sendiri, budget yang kamu keluarkan pastinya akan jauh lebih rendah daripada harus membeli parcel di pusat perbelanjaan.

Selain memikirkan diri sendiri, ada baiknya kita berbagi ke saudara yang kurang mampu

Poin terakhir yang tidak kalah pentingnya dari 6 poin di atas, ingatlah untuk selalu berbagi kebahagiaan dengan kaum yang kurang mampu. Mulai dari sekarang, kamu bisa menghitung zakat fitrah yang harus kamu berikan kepada kaum dhuafa. Sebenarnya tidak ada waktu yang diwajibkan untuk pemberian zakat fitrah ini, bisa kamu lakukan di hari-hari selama ramadhan atau bisa juga di malam Idul Fitri. Tapi akan lebih baik jika zakat diberikan pada malam Idul Fitri agar mereka yang kurang mampu juga bisa menikmati lebaran sama halnya seperti kita.

Sudahkah kamu mempersiapkan ketujuh hal di atas, Toppers? Hal terpenting yang wajib kamu lakukan tentunya bukan soal persiapan baju baru ataupun makanan, tapi lebih ke persiapan diri dan batin yang suci untuk menyambut datangnya hari yang fitri, serta jangan lupa pula untuk berbagi dengan saudara kita yang kurang mampu agar mereka juga bisa merasakan nikmatnya lebaran seperti kita 😀

(sumber : blog.tokopedia.com)