Kintakun-collection.co.id- Bulan Ramadan merupakan bulan yang suci dan penuh berkah. Di dalam Al-Quran juga Hadist bahkan disebutkan bahwa bulan Ramadan adalah bulan terbaik dan bulan yang penuh pengampunan. Karena itu, di bulan yang suci ini semua umat muslim diwajibkan untuk berlomba-lomba menunaikan berbagai ibadah baik ibadah wajib maupun sunah.

sunah Berita_wanita_Kintakun_collection | 4 Amalan Sunah yang Sebaiknya Diperbanyak di Bulan Ramadan

Adapun ibadah wajib yang perlu dijalankan di bulan Ramadan selain shalat adalah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Kalau pun dalam satu bulan seseorang membatalkan puasanya, ia diwajibkan untuk membayar hutang atau mengganti puasa yang batal tersebut.

Hal ini sesuai dengan ayat di dalam Al-Quran, 

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu, maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu dia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya, dan berpuasa lebih bagimu jika kamu mengetahui. (QS. AL-Baqarah, 183-184).

Sementara itu, dikutip dari laman destinationksa.com, selain ibadah wajib shalat dan puasa, umat muslim disarankan memperbanyak ibadah sunah di dalam bulan Ramadan. Ibadah sunah tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Salat tahajud

Ibadah sunah pertama yang sangat disarankan agar diperbanyak dilakukan di bulan Ramadan adalah shalat tahajud. Shalat tahajud sendiri merupakan shalat yang dilakukan di sepertiga malam terakhir dan dilakukan setelah tidur. Pahala dari shalat tahajud ini sendiri menurut ulama sangatlah besar. 

Di dalam Al-Quran dan Hadist juga disebutkan bahwa orang-orang yang senantiasa mendirikan shalat tahajud akan dimudahkan hidupnya, selalu berada di dalam lindungan Allah SWT dan doa-doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Orang-orang yang senantiasa mendirikan shalat tahajud dengan iklhas, takwa dan tulus tergolong sebagai orang-orang shalih dan memudahkannya memasuki pintu surga. 

2. Membaca Al-Quran

Ibadah sunnah kedua yang sangat disarankan dan bahkan hukumnya menjadi mendekati wajib untuk dilakukan adalah membaca Al-Quran. Mengingat bulan bahwa bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al-Quran, setiap umat muslim sangat disarankan untuk memperbanyak amalan dengan membaca Al-Quran.

“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil), (QS. Al-Baqarah, 185). 

Selain disarankan untuk membaca Al-Quran, di bulan Ramadan umat muslim juga disarankan agar mengkaji, memahami dan mengamalkan isi Al-Quran. “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkan serta mengamalkannya, (HR. Al-Bukhari, 5027).

3.sedekah

Sedekah merupakan salah satu amalan sunah yang sangat disarankan untuk dilakukan di bulan Ramadan dan bulan-bulan biasa lainnya. Menurut para ulama dan ahli agama, sedekah adalah salah satu hal yang bisa membukakan pintu surga bagi mereka yang melakukannya. Allah SWT juga sangat mencintai dan menjunjung tinggi derajat orang-orang baik yang gemar serta ikhlas dalam bersedekah. 

“Sesungguhnya Allah itu Maha Pemberi, ia Maha Mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia. Ia membenci akhlak yang buruk, (HR. Al-Baihaqi). “Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan yang di atas adalah orang-orang yang memberi dan tangan yang di bawah adalah orang-orang yang meminta, (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain orang-orang yang gemar sedekah sangat dicintai oleh Allah, orang yang gemar sedekah juga akan dihapuskan dosa-dosanya, ia mendapatkan naungan di hari akhir, menjadikan harta yang dimiliki lebih berkah, pahala sedekah di bulan Ramadan berlipat ganda dan bukti keimanan seseorang yang akan memudahkannya memasuki pintu surga di hari akhir kelak.

4. Istigfar

Istighfar merupakan memohon ampun kepada Allah dan berserah diri hanya kepada Allah. Salah satu amalan sunah yang sangat disarankan untuk dilakukan di bulan Ramadan yang suci adalah beristighfar. Dari Abdullah bin Abbas r.a, Rasulullah SAW bersabda,

“Barang siapa yang senantiasa beristighfar, niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan ke luar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberinya rizki dari arah yang tak disangka-sangka, (HR. Abu Daud dan Ath Thabarani). 

Orang-orang yang senantiasa beristighfar di bulan Ramadan dipercaya akan mendapatkan pengampunan atas dosa-dosanya, dimudahkan jalan hidupnya, dibukakan pintu rizkinya dan dijaminkan surga untuknya. So, bagi kamu yang beragama muslim, mumpung di bulan Ramadan, usahakan untuk memperbanyak istighfar ya? Lakukan sepanjang mata selama kamu terjaga. Selain istighfar, lafatkan dzikir lain seperti halnya tahmid, takbir dan tasbih. 

Ladies, itulah beberapa amalan sunah yang sebaiknya diperbanyak dilakukan di bulan Ramadan. Selain amalan tersebut, amalan lain yang juga sangat disarankan untuk diperbanyak adalah shalat sunah dhuha, shalat berjamaah di masjid, selalu menjaga wudhu dan senantiasa melakukan berbagai perbuatan baik serta senantiasa meninggalkan perbuatan buruk. Semoga, informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.