Kintakun-Collection.co.id- Senin (6/6/2016) umat muslim di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Tak sedikit orang yang mulai bertanya-tanya tentang makanan sahur dan buka puasa yang cocok dikonsumsi. Dalam rubrik Tanya Dokter di laman Alodokter.com, seperti dikutip Tribunjabar.co.id, Minggu (5/6/2016), pun ada yang mempertanyakan hal tersebut dan salah satu pengasuh rubrik tersebut, dr Lili Dwiyani menjawab dengan panjang lebar.

makanan Berita_wanita_Kintakun_collection | Ini Makanan Sehat untuk Sahur dan Buka Puasa Menurut Dokter

Menurut Lili, pola makan selama bulan Ramadan sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan bulan-bulan yang lain.Hal yang perlu Anda perhatikan adalah menjaga keseimbangan nutrisi dari asupan makanan dan cairan selama bulan puasa.

Jenis Makanan untuk Sahur

Pilihlah makanan yang lambat dicerna, yaitu yang mengandung karbohidrat kompleks dan kaya serat, misalnya roti dengan selai/keju, buah kering seperti kismis atau kacang yang tidak diasinkan, sereal gantung dengan satu buah pisang atau apel. bila sulit mendapatkan makanan-makanan seperti diatas cobalah mengkonsumsi satu porsi nasi, sayur sup dan beberapa protein seperti telur atau ikan.

Jenis Makanan untuk Buka Puasa

Konsumsi¬†makanan¬†dengan asupan energi cepat. hal yang cepat memberikan asupan energi adalah makanan manis. Sebagian orang menyarankan ‚Äėberbukalah dengan yang manis‚Äô, tetapi demi kesehatan, sebaiknya janganlah terlalu manis.

Dianjurkan berbuka dengan beberapa buah kurma atau jus buah. Makan malam setelah berbuka puasa tetap dianjurkan dengan pola makan seimbang, yaitu buah dan sayur, roti/nasi, ikan/daging, susu dan produk olahannya, serta sedikit makanan mengandung lemak dan gula.

Perbanyak asupan air untuk mengembalikan cairan tubuh. konsumsi air sebaiknya dibagi saat berbuka puasa, setelah salat magrib dan setelah solat tarawih.

Jenis Makanan yang Perlu Dihindari

Hindari konsumsi makanan instan atau kalengan yang mengandung karbohidrat olahan dan makanan yang digoreng. selain itu jangan lah berlebihan ketika makan sahur atatu berbuka. biasanya saat berbuka sering menjadi pelampiasan dari rasa lapar di siang hari.