Kintakun-Collection.co.id- Ketika bayi lahir, tiap orangtua ingin memastikan bahwa bayinya sehat dan menghangatkan tubuh kecilnya dengan balutan selimut. Menurut ezinearticles, bayi yang baru lahir sangat sensitif dengan warna, dan hal ini berguna bagi kesehatannya.

bayi 1 Berita_wanita_Kintakun_collection | Ternyata Warna Selimut Pengaruhi Kesehatan Bayi

Selimut bayi yang pertama kali bersentuhan dengan kulitnya, dapat memberikan stimulasi tertentu. Warna hangat seperti merah, oranye dan kuning terang bisa merangsang aktivitas, sehingga tidak disarankan menggunakannya saat sang bayi memasuki jam tidur. Warna pastel baik untuk bayi yang baru lahir karena memiliki efek menenangkan.

Banyak studi mengatakan bahwa menggunakan warna yang salah tidak akan berakibat buruk pada bayi, namun terbukti dengan penggunaan warna yang tepat dapat membantu aktivitas bayi, seperti tidur misalnya dan berbagai aktivitas bayi lainnya.

Tak hanya berguna untuk bayi, efek warna selimut juga baik untuk orangtua yang melihatnya, Apa sajakah efek lainnya yang bisa didapat dari warna selimut? Berikut penjelasan selengkapnya.

Merah

Warna merah menstimulasi dan melancarkan peredarah darah. Selain itu  juga dapat membantu melawan udara dingin. Warna ini tidak disarankan untuk bayi yang baru lahir namun baik untuk bayi yang sudah beranjak besar agar ia lebih aktif dan bersemangat.

Oranye

Warna ini dipercaya dapat memperkuat paru-paru, pankreas dan limpa. Warna hangat ini juga dipercaya mampu meningkatkan vitalitas dan nafsu makan. Untuk balita, warna ini  bisa merangsang semangat bermain dan eksplorasi hal-hal baru.

Kuning

Warna kuning dikatakan dapat membantu meningkatkan sistem syaraf dan kecerdasan serta membantu mengatasi kecemasan dan depresi pada anak. Pada balita, warna kuning cerah mampu menstimulasinya agar lebih aktif, namun untuk bayi, kuning pastel dapat membuatnya tersenyum.

Pink

Bagi  anak-anak, warna ini  merupakan warna favorit untuk anak perempuan khususnya, wena pink dapat menstimulasi kreativitas dan kekuatan,  juga meredam amarah dan kepanikan. Jika Anda mengalami insomnia, gunakan sprei pink pucat. Walaupun sering digunakan untuk bayi perempuan, sprei pink pucat juga bagus untuk bayi lelaki.

Hijau

Warna ini menyimbolkan keharmonisan hidup, kesegaran dan pencerahan. Selain itu,  juga dapat membantu meredakan tekanan darah, gangguan jantung, sakit kepala dan flu pada orang dewasa. Untuk bayi, warna ini dapat membantunya tenang dan rileks sehingga banyak digunakan sebagai aksesoris bayi.

Biru

Efeknya terbalik dari warna merah. Efek sejuknya dapat membantu tubuh melawan penyakit dan sembuh dari syok. Jika bayi Anda terlihat gelisah coba pakaikan selimut warna biru muda, itulah sebabnya mengapa ada warna dengan sebutan baby blue.

Ungu

Warna ungu memberikan efek menenangkan dan memberikan kedamaian hati. Dikatakan dapat meningkatkan sisi spiritual dan naluri pada bayi, juga dipercaya dapat melawan kegelisahan dan gangguan mental.

Putih

Warna netral ini dikatakan tidak memiliki efek apa-apa, namun banyak digunakan oleh budaya manapun. Di budaya timur tengah, warna ini melambangkan kesucian, kedamaian dan keamanan, sedangkan di kultur lainnya, warna ini mewakili ketenangan, kejujuran dan kesederhanaan. Penuh makna namun siapkan budget laundry Anda,  karena perawatan warna putih sangat merepotkan.

 

 

Sumber : wolipop.detik.com