Kintakun-Collection.co.id- Nggak sampai sebulan lagi, kita akan menemui bulan Ramadan. Selama sebulan penuh, kaum muslim akan menjalankan ibadah puasa. Yang artinya, nggak ada lagi tuh ngopi di pagi hari, big lunch, atau ngemil sore. Masalah yang biasa dihadapi setiap tahunnya, adalah sulitnya mengubah pola badan kita saat berpuasa. Hasilnya, di hari-hari awal puasa biasanya kita terserang penyakit lemas dan nggak bertenaga.

puasa 1 Berita_wanita_Kintakun_collection | 5 Cara Mempersiapkan Diri Jelang Bulan Puasa

Untuk menghindari hari-hari yang nggak produktif karena tubuh lemas, ada baiknya kita mulai bersiap sejak dini. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

Kurangi porsi makan siang

Buat kamu-kamu yang hobi banget makan siang dengan porsi kuli, sudah saatnya untuk mengurangi, nih. Selain nggak sehat buat badan kamu, makan dengan porsi berlebih juga bisa membuat badan kamu terbiasa diberikan makanan dalam jumlah besar di siang hari. Padahal, nanti saat bulan puasa, kamu nggak bisa makan siang selama sebulan penuh, lho. Mulai mengurangi porsi makan siang kamu sejak hari ini. Sebagai penyeimbangnya, jangan pernah tinggalkan sarapan, ya.Yang ini, sih, sebenarnya harus diterapkan sepanjang hidup.

Kurangi cemilan terutama di sore hari

Saat berpuasa nanti, biasanya ada jam kritis jelang berbuka. Setelah seharian beraktivitas, wajar jika tubuh terasa lemas di sore hari. Selain kehabisan energi, biasanya ini diakibatkan oleh kebiasaan kita mengemil di sore hari. Ngaku aja, deh, siapa yang nggak suka jajan di sore hari untuk mengisi perut yang mulai kosong. Mulai kurangi kebiasaan ini. Jangan manjakan tubuh dengan cemilan hanya karena keinginan semata.

Perbanyak olahraga di pagi dan sore hari

Nggak ada persiapan yang lebih baik menjelang puasa, daripada berolahraga. Kondisi tubuh yang kurang sehat bisa jadi penyebab utama kelelahan saat berpuasa. Jika kamu selama ini meremehkan olahraga karena nggak merasa, maaf, gendut, pikir lagi, deh. Olahraga itu bukan cuma untuk menjaga bentuk tubuh semata. Tapi juga untuk menjaga agar tubuh tetap ada di kondisi terbaiknya. Mulai berolahraga rutin setiap hari, supaya tubuh kamu siap menjalani hari seperti biasa tanpa asupan makan dan minum seharian.

Perbaiki pola tidur

Ini dia masalah utama yang dihadapi generasi milenial, pola tidur yang berantakan. Dimulai dari kebiasaan begadang nonton film, hingga dituntut oleh pekerjaan, banyak dari kita yang punya pola tidur buruk. Nggak perlu menunggu bulan puasa datang kok. Paksakan diri kamu untuk disipilin dan sudah ada di tempat tidur sebelum jam 12 malam. Jauhkan segala bentuk gadget yang bisa membuat kamu stalk akun Instagram mantan dan terjaga hingga jam 3 pagi. Walaupun awalnya susah, lama-lama pasti terbiasa. Dengan membenahi pola tidur, niscaya kamu akan merasa lebih segar dan siap beraktivitas di pagi hari.

Mulai puasa sunnah

Jika kamu sudah melaksanakan empat tips di atas, tapi masih merasa belum siap menyambut bulan puasa, maka hal terakhir yang bisa kamu coba adalah, puasa sunnah. Selain menambah pahala, puasa sunnah bisa jadi try out jelang puasa Ramadan. Mulai dari puasa setiap Senin dan Kamis, maka kamu bisa menilai apakah tubuh kamu sudah siap menjelang puasa selama 30 hari. Selain itu, kamu juga bisa membiasakan diri untuk menunaikan ibadah sahur setiap dini hari. Hasilnya, kamu nggak perlu lagi skipsahur karena nggak bangun.

(sumber : http://mozaic.co.id/)