Kintakun-Collection.co.id- Beberapa orang sangat mudah tidur di mana pun mereka berada, namun beberapa di antara kamu pasti ada yang mengalami susah tidur tidur jika berada di tempat baru atau menginap di rumah teman. Hal ini sering dialami banyak orang, dan hal ini sangat wajar.

susah tidur Berita_wanita_Kintakun_collection | Secara Ilmiah, Ini Alasan Mengapa Kamu Susah Tidur Di Tempat Baru

Tapi mengapa kamu bisa mengalami hal ini? Ternyata, menurut sebuah penelitian, ketika kamu tidur di tempat baru atau sama sekali asing bagimu, salah satu bagian otakmu tetap berjaga dan waspada, kalau-kalau ada bahaya di sekitarmu.

Ini karena kamu tidak mengenal lingkungan sekitarmu sehingga secara alami otak akan memerintahkan diri untuk berjaga-jaga. Profesor Yuka Sasaki dari Brown University bahkan mengatakan bahwa ada ungkapan dari Jepang yang berbunyi, ketika kamu mengganti bantal saja, kamu bisa tak bisa tidur semalaman.

Ini menunjukkan bahwa tak sedikit orang yang sulit tidur jika berada di tempat baru dan sama sekali asing. Para peneliti menganalisis aktivitas otak 35 orang yang mengalami susah tidur selama 2 hari di tempat baru.

Di antara beberapa partisipan ternyata menunjukkan aktivitas otak yang waspada seperti ketika terjadi pada siang hari. Dan ketika mereka diperdengarkan suara-suara kecil, mereka akan lebih mudah terbangun. Ini menunjukkan seberapa waspada seseorang ketika berada di tempat baru untuk menjaga diri sendiri.

Orang akan lebih santai dan mudah tidur ketika mengenal lingkungan sekitarnya, dengan begitu mereka akan merasa aman secara natural, sehingga bagian otak yang bertugas untuk waspada tidak diaktifkan ketika waktunya tidur.

Jadi sekarang kamu sudah tahu kan mengapa kamu atau mungkin temanmu selalu saja merasa susah tidur di tempat baru dan bahkan ia jarang mau diajak menginap karena masalah ini. Setiap orang punya tingkat kewaspadaan yang berbeda, jadi jangan salah paham dulu ya.