Kintakun-Colection.co.id- Diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang terjadi pada wanita hamil. Kondisi diabetes ini tetap bisa membuat ibu hamil melahirkan bayi yang sehat. Tapi kondisi tingginya kadar gula dalam darah memang perlu membutuhkan perawatan yang serius. Berikut ini adalah beberapa resiko bahaya yang biasanya terjadi pada bayi :

diabetes gestasional Berita_wanita_Kintakun_collection | Bahaya Diabates Gestasional untuk Ibu hamil

1. Bayi tumbuh besar di dalam rahim – Hal ini terjadi karena kadar gula tinggi ibu hamil tetap akan diserap oleh bayi lewat plasenta. Saat di dalam rahim maka pankreas bayi sudah bisa menghasilkan insulin. Hal inilah yang menyebabkan bayi tumbuh besar di dalam rahim.

2. Hipoglikemia atau gula darah yang terlalu rendah – Ibu hamil yang menderita diabetes gestasional juga akan menyebabkan kadar gula bayi menjadi lebih rendah karena produksi insulin dalam tubuh bayi sudah sangat tinggi. Namun kondisi ini bisa disembuhkan dengan memberikan air susu ibu.

3. Anak mengalami resiko diabetes tipe 2 – Anak-anak yang lahir dari ibu yang menderita diabetes gestasional juga rentan terkena diabetes tipe 2 karena sudah memiliki kadar insulin tinggi sejak dalam kandungan.

4. Anak akan mengalami resiko obesitas – Anak-anak yang lahir dalam kondisi berat badan berlebih dan tidak sesuai dengan standar akan memiliki bakat obesitas.

5. Kematian bayi menjadi resiko paling besar – Kematian bisa terjadi baik di dalam atau di luar kandungan. Resiko ini terjadi karena ibu tidak bisa mengatur kadar gula dalam darah dan tidak menjalani perawatan diabetes selama hamil.

Selain anak-anak yang menerima akibat dari diabetes gestasional, maka ibu hamil juga bisa mengalami resiko tingi seperti kondisi preklamsia selama kehamilan. Kondisi ini akan menyebabkan tekanan darah ibu hamil menjadi lebih tinggi, kandungan protein dalam urin juga sangat tinggi dan bengkak pada kaki. Kondisi ini bisa menjadi sangat serius apabila tidak segera ditangani, termasuk resikokematian mendadak ibu dan bayi.

Jadi, penyakit diabetes memang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan komplikasi jangka panjang. Namun penderita diabetes bisa mengatasi hal ini dengan mengatur kadar gula dalam darah dan menjaga pola makan. begitulah bahaya yang di timbulkan oleh diabetes, semoga kita semua terhindar dari bahaya-bahaya tersebut yah. yuk di like and share artikel nya gladies

(sumber : http://halosehat.com/)