Kintakun-collection.co.id – Mie bihun merupakan salah satu bahan makanan yang nggak hanya enak dan mengenyangkan saja. Kalau kita pandai mengolah bihun, bihun bahkan bisa menjadi masakan atau makanan yang menggugah selera dan disukai siapa saja. Pada dasarnya mengolah bihun bisa dibilang gampang-gampang susah. Pengolahan yang benar akan membuat bihun tampak menarik saat disajikan. Tapi, pengolahan yang salah tidak jarang akan membuat bihun menjadi rusak, hancur dan tidak menarik lagi buat disajikan.

Kalau bihun yang dimasak hancur dan bentuknya nggak karuan, bukan hanya kecewa yang akan kita rasakan. Lebih jauh, kita pun mungkin bisa saja trauma untuk masak bihun di waktu selanjutnya. Namun kini kamu nggak usah khawatir kalau bihun yang kamu masak bakalan hancur. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memasak bihun agar ia tidak hancur. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

1. Pastikan Kualitas Bihun Baik

Hal pertama yang perlu diperhatikan agar bihun tidak mudah hancur adalah kualitas dari bihun itu sendiri. Pastikan bahwa bihun yang mau kamu masak adalah bihun yang berkualitas baik. Usahakan memilih bihun yang penampilannya bersih, menarik dan tidak kusam. Selain tidak mudah hancur, bihun dengan kualitas baik juga bisa menjadi sajian yang menarik dan menggugah selera.

2. Rendam Bihun Pada Air Hangat

Biasanya kita akan merendam bihun di air panas agar ia mudah layu dan bisa cepat diolah. Asal kita tahu, merendam bihun di air panas yang terlalu lama justru bisa membuat bihun hancur dan tak menarik lagi. Jika ingin bihun layu, rendam bihun di air hangat. Meski membutuhkan waktu yang lebih lama untuk layu, percaya deh, tampilan bihun ini akan lebih baik.

3. Gunakan Api Kecil Saat Memasak

Selanjutnya, agar bihun tidak mudah layu, pastikan bahwa kamu memasak bihun dengan api yang kecil saja. Pakai api sedang boleh, tapi usahakan agar api yang digunakan tidak terlalu panas ya? Meski membutuhkan waktu masak yang lebih lama, bihun yang dimasak dengan cara ini bisa lebih baik dan nggak mudah hancur.

4. Jangan Terlalu Sering Mengaduk Bihun Saat Memasak

Usahakan agar tidak terlalu sering mengaduk bihun saat kamu memasaknya. Mengaduk bihun terlalu sering justru akan membuat bihun mudah hancur dan patah. Aduk masakan sesekali saja. Meski mengadukannya sesekali saja, pastikan bumbu bihun meresap dengan baik ya. Agar bumbu meresap dengan baik, kamu bisa menambahkan sedikit air atau minyak saat memasaknya.

Itulah tips agar bihun nggak mudah hancur saat dimasak. Dengan tips ini, nggak perlu khawatir bahwa bihun yang dimasak akan hancur ya? Selamat mencoba dan semoga tips ini bermanfaat.

(Sumber : Vemale.com)