Kintakun-Collection.co.id- Hari raya Nyepi merupakan salah satu perayaan bagi umat Hindu. Tahun ini, hari raya Nyepi jatuh pada tanggal 9 Maret 2016. Selain melakukan doa atau sembahyang, pada perayaan ini juga terdapat menu-menu khas untuk bersantap bersama. Berikut adalah 7 pilihan menu saat hari raya Nyepi. 

makanan khas nyepi Berita_wanita_Kintakun_collection | 7 Pilihan Menu Saat Nyepi

1. Entil

Entil merupakan makanan tradisional masyarakat desa Wongaya Gede yang dibuat khusus pada hari raya Nyepi. Makanan ini sejenis ketupat yang dibuat dari beras kemudian dibungkus daun lalu diikat dengan bambu. Proses perebusan yang semakin lama membuat rasanya akan semakin nikmat dan dapat bertahan lama. Pada zaman dahulu Entil menjadi menu utama hari raya Nyepi karena pada hari raya Nyepi tidak diperbolehkan menyalakan api.

2. Nasi Tepeng

Makanan tradisional khas Gianyar Bali ini memiliki rasa yang pedas dengan bumbu aneka rempah pilihan yang dimasak menjadi satu. Masakan ini berisi sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, dan daun kelor serta tambahan kelapa parut diatasnya. Nasi Tepeng disajikan dengan menggunakan daun pisang sehingga menjadikan rasanya lebih nikmat.

3. Pulung Nyepi

Hidangan khas kelurahan Sukasada ini merupakan salah satu jajanan yang dipakai dalam tradisi umat Hindu dalam memperingati hari raya Pengerupukan yaitu satu hari sebelum hari rayaNyepi. Bahannya terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung kanji lalu dikukus, diuleni, dibentuk, kemudian direbus hingga matang, dan disajikan dengan parutan kelapa muda diatasnya.

4. Lawar

Makanan ini terbuat dari campuran sayuran dan daging cincang yang diberi bumbu khas Bali. Penamaan Lawar sendiri tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Jika menggunakan sayuran dari nangka muda maka namanya menjadi LawarNangka, begitu pula dengan bahan lainnya.

5. Ayam Betutu

Ayam Betutu merupakan makanan yang sering kali dijadikan sajian untuk acara sesembahan saat Upacara keagamaan umat Hindu. Ayam Betutu diolah dengan cara dipanggang dalam api sekam. Ayam Betutu ini merupakan masakan kebanggaan dan khas masyarakat Bali.

6. Cerorot

Cerorot merupakan jajanan kue basah yang paling disukai oleh anak-anak, karena rasanya yang manis dan bentuknya yang unik. Cerorot memiliki bentuk yang memanjang seperti kerucut dan dibentuk dari cetakan kulitental. Adonan yang telah diuleni kemudian dimasukkan kedalam cetakan dan dikukus hingga matang.

7. Jaja Apem

Jajanan ini sering kali tersedia saat acara keagamaan dan upacara adat. Jajanan ini dibuat dari tepung beras yang difermentasi dengan tape singkong dan air kelapa. Kemudian dicetak pada daun pisang yang dibuat kerucut lalu dikukus hingga matang.

itulah 7 makanan khas saat nyepi, boleh juga di buat sendiri di rumah agar sensasi hari raya nyepi nya semakin terasa. semoga bermanfaat 🙂

(sumber : http://id.openrice.com/)