Kintakun-Collection.co.id- Orangtua memiliki peranan yang sangat besar untuk mendukung perkembangan anak, bahkan sejak ia berada di dalam kandungan. Nah, saat bayi baru lahir ada beberapa cara sederhana yang dapat orangtua lakukan untuk membantu perkembangan bayi mulai usia satu bulan hingga satu tahun.

perkembangan Berita_wanita_Kintakun_collection | 12 Cara Membantu Perkembangan Bayi Sesuai Usia

1. Satu bulan
Saat bayi berusia satu bulan, yang bisa Anda lakukan adalah melihatnya dari dekat. Tatap si kecil dengan penuh kasih sayang. Hal itu membuat si kecil belajar untuk mencintai seseorang yang sedang menatapnya.

2. Dua bulan
Anda dapat membantu bayi untuk mengembangkan gerakan tangannya menjadi lebih baik, seperti tepuk tangan bersama-sama atau pun menyanyikan lagu. Seiring berjalannya waktu, si kecil akan mencoba meniru gerakan dan suara Anda, mengembangkan koordinasi dan bahasa tangan dan mata serta menirukan ekspresi Anda. 

3. Tiga bulan
Bayi usia tiga bulan biasanya sudah dapat meraih apa pun yang menarik perhatiannya. Mama sudah dapat bermain dengan si kecil yang juga sudah dapat membantunya untuk melakukan koordinasi tangan-mata, seperti memegang mainan kerincing warna-warni. Memang sangat menyenangkan, namun jika tidak didampingi justru akan menimbulkan bahaya.

4. Empat bulan
Pada usia empat bulan kemampuan sosial, motorik, dan kemampuan bahasa sudah dapat berkembang dengan baik. Umumnya bayi mulai akan menunjukkan emosinya dengan mengoceh gembira ketika mainan yang cerah muncul, atau mendengus dan menangis marah ketika Anda mengambilnya.

5. Lima bulan
Bayi usia lima bula ia sudah mulai dapat mengoceh. Oleh karena itu, cobalah berbicara dan mengulangi konsonan untuk membantunya belajar bagaimana berkomunikasi. Mama dan Papa mulai dapat membacakan cerita dari buku-buku serta menunjukkan benda-benda seperti yang Anda katakan nama mereka.

6. Enam bulan
Usia enam bulan, bayi sudah dapat belajar untuk duduk dan bergerak di sekitarnya. Anda dapat meletakkan suatu mainan di dekat si kecil yang kemudian arahkan ia untuk mengambil mainan tersebut. Namun, biasanya bayi pada usia tersebut senang menggigit sesuatu. Oleh karena pastikan mainan tersebut tak mudah tertelan, seperti mainannya besar.

7. Tujuh bulan
Pada usia tujuh bulan, memori si kecil telah berfungsi dengan baik sehingga ia sudah dapat mengingat suara yang sering ia dengar. Tak hanya itu, ia juga sudah dapat memahami beberapa kata sederhana, seperti tidak, ma-ma atau da-da. Jadikan setiap aktivitas seakan-akan menjadi permainan, seperti mandi bersama dengan mainan-mainan yang dapat berbunyi.

8. Delapan bulan
Saat bayi berusia delapan bulan, Anda sudah dapat mengenalkan beberapa organ tubuh Anda dan menjelaskan fungsinya. Misalnya mengajak si kecil bermain, “Di mana hidung Anda?” yang disertai dengan menunjuk ke hidungnya. Untuk terus menstimulasi perkembangannya, bebaskan dia untuk mencoba berbagai sarana untuk berkreasi, seperti bermain lego, alat warna, balok susun, atau berbagai permainan edukatif lainnya.

9. Sembilan bulan
Bayi usia sembilan bulan sudah mencona untuk merespons dengan kata-kata. Menstimulasi perkembangan si kecil pada usia ini tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Cukup dengan melakukan kegiatan sehari-hari, seperti menyanyi, menari, membaca, bicara, serta interaksi bayi dengan orang lain sudah menjadi stimulasi yang cukup untuk mendukung perkembangannya.

10. Sepuluh bulan
Anda dapat membantu si kecil yang sudah berusia sepuluh bulan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan konsep objek permanennya. Anda dapat bermain “petak umpet” atau menyembunyikan suatu barang dan si kecil akan berusaha untuk menemukannya.

11. Sebelas bulan
Pada usia sebelas bulan, tetaplah merangsang bayi dengan kemampuan bahasa yaitu dengan banyak mendengarkan lagu. Keterampilan bahasa akan berkembang melalui interaksi, jadi berbicara dengan bayi sesering mungkin. Katakan padanya apa yang Anda lakukan, mengajukan pertanyaan, dan menggunakan gerakan dramatis dan nada.

12. Satu tahun
Saat si kecil berusia satu tahun, ia sudah mulai  terampil bukan hanya dari berbagai gerakan yang dilakukan saja, tetapi dari segi bahasa dan kosa kata yang akan dikatakan oleh bayi. Bayi juga sangat lincah dalam menerima informasi dari ibunya dan dia akan segera menirukannya.

nah itulah dia tahapan-tahapan perkembangan pada bayi yang harus gladies perhatikan agar si kecil bertumbuh kembang dengan sempurna, semoga bermanfaat gladies sekalian,,, selamat mencoba!

(sumber : http://www.tabloid-nakita.com)