Kintakun-Collection.co.id- Makanan musim hujan –Memasuki awal tahun, Indonesia mengalami pergantian musim dari kemarau menjadi musim hujan. Pada musim ini, matahari bakal lebih sering bersembunyi. Kalaupun ada matahari, keeksisannya nggak lebih lama dari air yang turun dari langit. Hal tersebut membuat cuaca berubah, menjadi lebih lembab dan dingin dari biasanya. Terutama pada malam hari.

Pada musim ini juga biasanya beberapa orang lebih mudah terserang penyakit karena cuaca dingin yang merasuk tubuh. Maka dari itu, saat musim hujan, setiap orang dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang tebal agar tetap hangat dan cuaca dingin di luar sana nggak mengganggu kesehatan.

makanan 1 Berita_wanita_Kintakun_collection | 5 Makanan yang Bikin Kamu Tetap Hangat Saat Musim Hujan

Meski demikian, nampaknya memakai pakaian tebal saja nggak cukup untuk tetap sehat dan hangat. Namun juga harus didukung oleh asupan yang masuk dalam tubuh, seperti makanan dan minuman. Jika sebelumnya Bintang.com telah membahas beberapa minuman khas Indonesia yang bisa bikin kamu selalu hangat di musim hujan, kali ini kami bakal memberikan kamu beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu konsumsi saat musim hujan biar tubuh selalu hangat. Apa saja? Simak pada 5 poin di bawah ini. Cus!

Sayuran. Sayur hijau seperti bayam, katuk, dan sayuran lain seperti buncis, wortel, lobak, dan kacang polong kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat membangun kekebalan tubuh, sehingga kamu nggak mudah sakit saat mengonsumsi sayuran tersebut setiap hari. Sayuran merah seperti ubi, bit, dan wortel kaya akan beta karoten dan vitamin A serta E.

Rempah-rempah. Lada hitam, jahe, kunyit, dan kayu manis merupakan pengobatan alami yang efektif untuk mengobati pilek dan batuk. Untuk hasil terbaik, rebus dalam air lalu minum air rebusan. Rempah-rempah juga berfungsi sebagai bahan pelancaran pencernaan.

Buah-buahan. Meski nggak lagi musim hujan, buah-buahan adalah salah satu asupan wajib konsumsi. Vitamin yang kaya pada buah-buahan membantu tubuhmu untuk tetap fit. Jeruk, pepaya, dan pisang merupakan sumber yang kaya vitamin C, yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Makanan berkuah. Makanan jenis ini penting untuk menjaga tubuhmu dari dehidrasi di musim dingin, bahkan ketika kamu nggak merasa haus. Menyeruput makanan berkuah yang hangat seperti sup, teh jahe, teh hijau, jus lidah buaya sepanjang hari dapat menjaga tubuhmu dari dehidrasi, dan menjaganya tetap hangat.

Gula alami. Gula alami (gula aren) dan madu adalah pengganti yang baik untuk gula buatan saat diet. Gula merupakan asupan yang baik untuk memperbaiki sistem pencernaan. Sebab, gula alami nggak melalui proses pemurnian sehingga dapat menjaga gula dalam tubuhmu jadi seimbang.