Kintakun-Collection.co.id- Tidur adalah cara istirahat terbaik untuk mengembalikan kesegaran pikiran dan tubuh yang lelah. Saat kamu sudah memasuki tidur yang lelap, kemungkinan besar kamu akan mengalami mimpi. Mimpi memang merupakan suatu hal yang gampang-gampang susah untuk dijelaskan.

Mimpi seringkali timbul karena kecemasan yang kamu alami atau perasaan yang kamu rasakan. Ternyata ada sekian hal yang bisa mempengaruhi mimpimu saat tidur lho. Ini sekian hal tersebut.

 mimpi Berita_wanita_Kintakun_collection | 10 Hal Tak Terduga Yang Bisa Memengaruhi Mimpimu Saat Tidur

  • Menghirup bau-bau tertentu

    Salah satu penelitian menemukan bahwa menghirup wangi bunga baik sebelum maupun selama tidur bisa membuatmu mimpi indah. Harum bunga memberi efek positif terhadap siklus tidur. Beberapa bau-bau makanan juga bisa memberi pengalaman baru dalam mimpimu.

  • Suara

    Suara bisa membuatmu tersadar dari mimpi, entah suara itu berasal dari lingkungan sekitarmu atau hanya suara dalam mimpi. Hal ini dikarenakan adanya sebuah jendela kecil untuk suara bisa masuk ke dalam otakmu selama kamu tidur. Suara bisa membangunkanmu saat tidur, namun sensitivitas terhadap suara bisa berbeda pada setiap orang.

  • Makanan pedas

    Terlalu banyak makan, makan makanan pedas, asam atau yang bisa memberi masalah pada perut sebelum kamu tidur akan bisa membutamu mendapat mimpi buruk. Dan mimpi itu akan berulang meski kamu terbangun sejenak lalu tidur lagi. Jadi untuk mencegah mimpi buruk, makan 2-3 jam sebelum tidur malam.

  • Tidur tengkurap

    Tidur dengan perut di bawah atau tertindih badan akan membuatmu mengalami mimpi-mimpi nakal dan terkadang menegangkan (dalam arti negatif) seperti misalnya mimpi bercinta dengan orang asing dan lain sebagainya. Para peneliti menduga bahwa hal ini bisa dipicu karena paru-parumu tertekan dan tidak bernafas seperti biasanya.

  • Vitamin B6

    Meski belum ada penelitian pasti, namun vitamin B6 diduga bisa menjadi faktor munculnya mimpi-mimpi yang memotivasi dan membuatmu lebih bersemangat. Jika ingin punya mimpi-mimpi yang indah, kamu butuh makan makanan kaya vitamin B6 ini.

  • Obat antidepresi

    Minum obat-obatan jelas akan membuatmu lebih banyak bermimpi saat tidur. Tapi obat antidepresi memberi efek lebih kuat, yaitu menimbulkan mimpi buruk. Hal ini timbul tidak lain dipicu rasa stres dalam diri sendiri.

  • Berhenti merokok

    Menurut sebuah penelitian, orang yang berhenti merokok akan bermimpi lebih jernih, mengenai hal-hal positif. Meski memang 63% para perokok yang sudah tobat ini akan sering bermimpi seakan mereka masih merokok (disebabkan kerinduan akan rokok), namun detak jantung, pola pernafasan mereka lebih tenang dan hal ini membantu meningkatkan aktivitas otak lebih baik. Itulah mengapa kamu akan lebih sering mimpi indah setelah berhenti merokok.

  • Tidur dalam keadaan lapar

    Masih bertahan dengan diet di malam hari? Jangan sampai kamu tidur dalam keadaan kelaparan deh Ladies. Karena kondisi ini membuatmu susah tidur dan ketika tidur, kamu akan memimpikan berbagai macam makanan yang kamu hindari. Hal ini bisa membuatmu lebih tersiksa saat diet.

  • Nonton film horor sebelum tidur

    Kesalahan besar, karena kamu tahu bahwa nonton film setan akan membuatmu mendapat mimpi buruk. Tapi bukan hanya film horor saja yang memengaruhi mimpimu, apa pun yang baru saja kamu lakukan sebelum tidur, baik itu membaca buku, mendengar musik tertentu dan lain sebagainya bisa mempengaruhi seperti apa mimpimu saat tidur.

  • Hamil dan masa setelah kehamilan

    Sebuah penelitian menemukan bahwa saat hamil, kamu akan lebih sering bermimpi yang aneh-aneh. Hal ini dipengaruhi karena fluktuasi hormon tubuh bercampur dengan perasaanmu selama hamil atau setelah melahirkan. Tapi tubuhmu akan beradaptasi lagi ke kondisi normal setelah kamu melahirkan, jadi tenang saja.

Itu dia sekian hal yang bisa mempengaruhi mimpimu saat tidur. Sekarang tahu kan mana yang sebaiknya kamu hindari atau lakukan jika ingin mimpi indah?

(sumber : http://www.vemale.com/body-and-mind/segar-dan-rileks/90607-10-hal-tak-terduga-yang-bisa-mempengaruhi-mimpimu-saat-tidur.html)