kintakun-collection.co.id- Pagi hari merupakan waktu memulai berbagai aktivitas, salah satunya adalah bekerja. Selain rutin mengonsumsi makanan sehat dan air putih, salah satu cara untuk tetap bisa sehat adalah dengan rutin berolahraga ringan setiap pagi sebelum memulai berbagai aktivitas. Olahraga ringan sebenarnya tidak berat untuk dilakukan, hanya saja terkadang rasa malas dan alasan tidak ada waktu menghalangi seseorang untuk mulai berolahraga.

olahraga ringan Berita_wanita_Kintakun_collection | Yuk Olahraga ringan sebelum ke kantor

Olahraga ringan di pagi hari memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh selama dilakukan dengan tepat dan tidak berlebihan. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk melakukan olahraga ringan pagi hari yang baik dan tepat.

  • Sebelum berolahraga, minumlah air putih terlebih dulu.

Sebelum memulai olahraga, sebaiknya biasakanlah meminum air putih sebanyak dua sampai tiga gelas. Konsumsi air putih sebelum olahraga ini bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi pada saat melakukan gerakan-gerakan olahraga. Bahkan sebaiknya biasakanlah untuk minum air putih setelah bangun tidur.

  • Memulai olahraga pada pukul 6 pagi.

Waktu yang baik untuk berolahraga di pagi hari adalah pada pukul 6 pagi. Pada waktu tersebut, udara yang ada masih segar dan baik untuk kesehatan paru-paru. Kondisi udaranya pun tidak terlalu panas atau dingin.

  • Mulailah dengan melakukan pemanasan.

Pemanasan atau warming up merupakan kegiatan yang ahrus dilakukan sebelum memulai olahraga. Mengapa? Pemanasan akan memberikan pemberitahuan pada tubuh bahwa tubuh akan melakukan banyak gerakan dan kegiatan olahraga. Selain itu, tubuh yang sebelumnya beristirahat pada malam hari, otot-otonya belum siap untuk menghadapi gerakan-gerakan yang berat. Bila dipaksakan berolahraga langsung tanpa pemanasan maka otot akan kaget dan kemungkinan besar bisa kram dan juga menyebabkan kepala menjadi pusing.

Pemanasan bisa dilakukan dengan gerakan-gerakan ringan dan hanya memerlukan waktu mulai dari 5 sampai 10 menit. Contohnya seperti gerakan melipat bahu ke belakang, menggelengkan kepala, menarik tangan (ke atas, bawah, samping, depan, dan belakang), memutar tubuh ke samping, menekuk kaki, menyentuhkan ujung tangan ke ujung kaki, dan lain-lain.

  • Mulailah gerakan setelah pemanasan dengan lari-lari kecil.

Lari-lari kecil atau joging ringan sudah bisa dilakukan setelah pemanasan. Joging ringan ini bisa dilakukan di sekitar rumah atau di sekitar kampung atau komplek. Joging ringan di luar ruangan ini membantu tubuh untuk tetap bugar dan memberikan udara segar pagi hari pada paru-paru.

  • Melakukan beberapa jenis olahraga sesuai kesukaan.

Kesukaan atau hobi olahraga tertentu sebaiknya tetap dijaga. Setelah melakukan gerakan pemanasan dan joging ringan, Anda bisa mulai melakukan olahraga yang disukai.

Kegiatan olahraga di pagi hari tidak harus dilakukan sampai berjam-jam, cukup 15 sampai 30 menit saja. Inti utamanya adalah tubuh diberikan waktu khusus untuk melakukan gerakan yang baik untuk kesehatan dan kelancaran pernapasan serta peredaran darah. Setelah berolahraga pagi, tubuh menjadi lebih siap untuk melakukan pekerjaan yang sudah menunggu.

Demikianlah pembahasan tentang tips-tips untuk berolahraga di pagi hari sebelum memulai kegiatan dan pekerjaan. Apa yang disampaikan dalam tulisan ini diharapkan bisa bermanfaat untuk semua pembaca.

(sumber :plimbi.com )