Kintakun-collection.co.idAllida Alexandra Nurluthvia atau lebih dikenal sebagai Alexandra Asmasoebrata merupakan pembalap perempuan Indonesia di kelas gokart maupun mobil formula. Andra memulai debutnya di ajang balap gokart sebagai kadet 60 cc, pada usia 12 tahun. Beberapa kali ia berhasil mengukir prestasi di ajang tersebut. Beberapa kali pula ia menyabet juara pertama di kelas tersebut. Setahun kemudian, ia mulai pindah ke kelas ber-cc lebih besar, yaitu 125 cc, bahkan ia sampai ke ajang setingkat ASEAN.

Berkat penampilannya Andra kemudian ditawari untuk masuk ke arena balap internasional. Dia diikutsertakan dalam kualifikasi Formula BMW Scholarship pada tanggal 27 hingga 29 Februari 2004 di Spanyol. Inilah mulanya Andra masuk dalam dunia balap mobil formula. Pada tahun 2007, selain mengikuti kejuaraan Karting (Gokart), Andra juga mengikuti kejuaraan Formula Renault Asia.

alexandra-asmasoebrata Berita_wanita_Kintakun_collection | Alexandra Asmasoebrata, Pembalap Wanita Pertama di Indonesia

Bertepatan hari Kartini, 21 April 2007, Andra menerima penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) yang diberikan karena prestasinya sebagai pembalap perempuan pertama Indonesia. Di kancah internasional-pun Andra tercatat sebagai pembalap wanita pertama di Asia. Bahkan dia pun berhasil menempati pole position pada kejuaraan Seri terakhir 7 dan 8 Formula Campus di Goldenport Motorpark Circuit, Beijing China pada Oktober 2005 dan dalam ajang Formula Kampus di China pada September 2005.

Prestasi yang dicapai oleh Andra:

  • 2002 1st champion National Kart Championship
  • 2005 1st champion National Kart Championship
  • 2005 13th World Championship Junior rotax max
  • 2005 1st China Formula Campus Asian Division

Kintakun - Alexandra Menikah dengan Diaz Berita_wanita_Kintakun_collection | Alexandra Asmasoebrata, Pembalap Wanita Pertama di Indonesia

Alexandra Asmasoebrata kini telah berstatus sebagai istri Dias Baskara Dewantara. Keduanya mengucap janji pernikahan pada Sabtu, 29 November lalu. Setelah akad nikah, pasangan ini menggelar dua resepsi di hotel Shangri-La pada Minggu 30 November. Ia menyadari perannya sebagai seorang istri harus bisa melayani suami dan mengurus rumah tangga, sehingga ia mengurangi jadwal balapan.

(Sumber: Wikipedia, Femina.com)