Kintakun-collection.co.id – Menopause biasanya terjadi ketika wanita memasuki usia 40 tahun. Namun, beberapa wanita sudah tidak lagi menstruasi pada usia 30 tahun. Menopause yang terjadi pada usia  dibawah 40 tahun biasa disebut dengan menopausse dini. gLadies yang mengalami menopause dini mungkin akan mengira hamil, karena gLadies tidak  lagi mengalami menstruasi.

Gejala menopause yang dapat gLadies waspadai adalah sebagai berikut :

  1. Menstruasi tidak teratur
  2. Vagina mengalami kekeringan. Hal ini disebabkan karena kadar estriogen mengalami penurunan sehingga jaringan pada vagina menjadi kering, kurang elastic dan juga tipis.
  3. Gairah seks yang mulai berkurang dikarenakan tidak seimbangnya hormon.
  4. Mengalami susah tidur atau insomnia
  5. Mengalami hot flashes, yakni kondisi dimana terjadi rasa panas yang luar biasa pada seluruh tubuh dengan ditandai keluarnya keringat dan wajah yang memerah. Hal ini dikarenakan oleh turunnya kadar estrogen.
  6. Berat badan menjadi bertambah. Perubahan hormon menyebabkan berat badan meningkat. Lemak lebih lama dipertahankan tubuh dikarenakan adanya penurunan kadar estriogen.
  7. Mood yang mudah berubah.
  8. Mudah merasa lelah.

Untuk menghadapi hal tersebut, dokter akan menyarankan untuk melakukan laparoscopy. Ovarium akan diperiksa dengan laparoscope (sebuah tabung fiber-optic), untuk melihat apakah di dalam ovarium terdapat folikel dengan sel telur. Wanita yang mengalami menopause dini mungkin masih dapat hamil, namun hanya dengan proses pembuahan dengan bantuan.

(Sumber: Ayahbunda.co.id, Sehatsatu.com)