Kintakun-collection.co.id – Salah satu anak bangsa yang membanggakan Indonesia adalah Rini Triyani Sugianto, Animator yang karyanya mendunia. Saat kecil Rini tidak berniat untuk menjadi seorang animator, malah ketika bersekolah di SMA Regina Pacis, Bogor, ia fokus di bidang olahraga. Tahun 1997, Rini menekuni bidang arsitektur di Universitas Parahyangan, Bandung dan ternyata jurusan arsitektur inilah yang mengantarkannya ke dunia animasi dunia.

Tahun 2001, Rini memulai perjalanannya di Amerika. Di kota San Fransisco, ia belajar animation and visual effect di Academy of Art University. Di kampusnya, ia mendalami prinsip animasi, seperti squash and stretch, follow through atau overlap, anticipation, timing, staging, slow in atau slow out, appeal, arc, exaggeration, secondary action, posing or solid drawing dan pose to pose vs straight ahead.

Setelah lulus Rini sempat intern di Stormfront Studio, Offset Software dan Blur Studio, setelah itu, Rini mulai bekerja di WETA Digital yang merupakan perusahaan terkemuka dunia efek visual yang berbasis di Wellington, Selandia Baru. Setelah itu Rini bekerja di Industrial Light & Magic di San Fransisco. Rini telah menggarap berbagai proyek film ternama seperti berikut:

1. The Adventure of Tintin: The Secret of Unicorn

Kintakun - Adventure of Tintin Berita_wanita_Kintakun_collection | Rini Sugianto, Animator Indonesia Tembus Dunia HollywoodFilm “The Adventures of Tintin” adalah film layar lebar Hollywood pertama di mana Rini ikut menjadi salah satu animatornya. Dalam film The Adventures of Tintin, Rini bertindak sebagai animator dengan andil paling besar. 70 shot di film Tintin dikerjakan oleh Rini. Menggarap film yang memiliki tokoh terkenal seperti Tintin memiliki tantangan tersendiri baginya.

 

 

 

2. The Avengers: Age of Ultron

Kintakun - Avengers Age of Ultron Berita_wanita_Kintakun_collection | Rini Sugianto, Animator Indonesia Tembus Dunia HollywoodFilm Avengers kedua ini, melibatkan salah satu animator asal Indonesia, Rini Sugianto. Kesuksesan dari film The Avengers yang pertama tentunya jadi sebuah tantangan bagi Rini untuk menghasilkan animasi yang terbaik untuk film The Avengers yang ke-2. Apalagi ketika trailernya keluar, respon dari pecinta film pun sangat positif.

 

 

 

3. The Hobbit: An Unexpected Journey & The Desolation of Smaug

Salah satu Kintakun - The-Hobbit-The-Desolation-of-Smaug Berita_wanita_Kintakun_collection | Rini Sugianto, Animator Indonesia Tembus Dunia Hollywoodnominasi Academy Awards yang berhasil diraih oleh film “Hobbit 2: the Desolation of Smaug” garapan sutradara Peter Jackson adalah untuk kategori efek visual (animasi) terbaik. Salah satu animator yang terlibat dalam penggarapan film Hobbit 2 ini adalah Rini Sugianto. Ia juga terlibat dalam film “The Hobbit: An Unexpected Journey”.

 

 

 

Selain film diatas, Rini juga menggarap beberapa film ternama lainnya seperti Iron Man 3, The Hunger Games dan TMNT (Teenage Mutant Ninja Turtle). Rini terus mengembangkan kemampuannya dengan berbekal ‘Never Give Up!’.

(Sumber: VOA Indonesia, Rupawa.com)