Kintakun-collection.co.id – Penggunaan social media yang sudah sangat meluas sekarang ini, diangkat menjadi salah satu topik dalam kelas yang bertajuk “Parenting In Social Media”, di event Social MediaWeek beberapa waktu lalu.

Sesuai dengan judulnya, kelas tersebut menjadi sebuah sharing session mengenai pentingnya orang tua untuk berperan serta dalam menjaga dan mendidik anak-anaknya yang sudah mulai mengenal bahkan menggunakan social media di era sekarang ini.

Bukan hal yang aneh jika gLadies melihat anak-anak usia sekolah bahkan anak-anak usia pra sekolah sudah menenteng gadget dalam kesehariannya. Untuk itu orang tua wajib belajar agar melek teknologi dan mengetahui pergaulan anaknya di social media.

Berikut beberapa tips dari Amalia Sari, pembicara di kelas “Parenting In Social Media” ini bagi gLadies agar anak tidak menjadi korban dari kejahatan yang mungkin terjadi di dunia maya:

1. Orang tua harus mengetahui social media apa saja yang digandrungi oleh anak-anak pada umumnya dan anak-anak mereka sendiri. Di sinilah tugas baru bagi orang tua untuk terus belajar mengenai teknologi. Dengan membaca tren terbaru seputar social media atau mengikuti seminar seputar parenting, akan turut mempermudah orang tua dalam memantau anak-anaknya.

2. Selalu pantau dan jangan biarkan anak menjelajahi dunia maya sendirian. Temani anak dan bila perlu tentukan waktunya, agar kegiatan anak dalam bersosialisasi melalui social media tidak berlebihan dan tidak mengganggu waktu belajar juga tidak mengurangi kegiatan anak dalam bersosialisasi di dunia nyata.

3. Pilihkan social media platform yang pas bagi anak, tapi jangan beri akses penuh untuk mereka. Misalnya, add akun social media milik anak, pegang password-nya, dan atur beberapa settingan privacy yang dapat turut melindungi anak dari paparan identitasnya.

4. Tetapkan rambu-rambu atau batasan bagi anak dalam menggunakan social media. Misalnya, orang tua harus menegaskan agar anak tidak berteman dengan orang asing di akun social media mereka. Hal lainnya adalah, orang tua harus menekankan agar anak tidak sembarangan memberikan informasi pribadi seperti alamat rumah, nomer telepon atau hal pribadi lainnya di social media. Selain itu selalu tekankan pada anak, agar berhati-hati dalam sebelum posting sesuatu (teks, link, gambar, video, bahkan share location) di social media.