Kintakun-collection.co.id – Menatap layar komputer, televisi, dan ponsel menjadi hal rutin gLadies lakukan di era modern sekarang ini. Jika terus dibiarkan akan berdampak buruk bagi mata gLadies.

Para ahli memperingatkan bahwa terlalu sering menatap layar komputer dapat menyebabkan peningkatan masalah mata, termasuk mata kering, kelelahan, dan rabun dekat.

Seorang ahli bedah laser mata di London, David Allamby, mengatakan, terjadi peningkatan keluhan terkait mata kering. Keluhan ini berhubungan dengan aktivitas terkait layar komputer atau ponsel.

“Ketika mata Anda kering, mata menjadi lebih sensitif, lebih lelah, dan tidak nyaman. Setelah menatap komputer sepanjang hari di tempat kerja, banyak orang mengeluhkan mata kering,” jelasnya.

Bagaimana cara agar mata tetap sehat?

1. Ikuti aturan 20-20-20

Agar mata gLadies tidak kering dan lelah, gLadies perlu mengistirahatkan mata, yakni dengan mengikuti aturan 20-20-20. Ini berarti setiap 20 menit gLadies harus mengistirahatkan mata.

“Jika Anda istirahat menatap layar komputer dan melihat ke kejauhan, ini akan membuat otot di dalam mata beristirahat sehingga mencegah kekeringan dan kelelahan,” kata Allamby.

2. Berbicara lewat telepon, bukan email

Menurut Allamby, mata menjadi kering setelah menatap komputer karena layar menyebabkan gLadies lebih jarang berkedip.

“Biasanya Anda berkedip setiap tiga detik, namun ketika berhadapan dengan komputer, Anda berkedip setiap 12 detik. Jadi, ada lebih banyak waktu untuk air mata menguap,” jelas Allamby.

Dia menyarankan untuk mengobrol melalui telepon ketimbang mengirimkan email yang membuat gLadies terus terpaku pada layar komputer. Berbicara di telepon juga menginduksi reaksi refleks yang menyebabkan orang lebih sering berkedip.

3. Makan sushi

Allamby mengatakan bahwa salah satu penyebab mata kering adalah diet ala Barat. Tubuh gLadies membutuhkan omega 3, sementara diet Barat banyak mengandung omega 6. Omega 3 dikenal sebagai asam lemak baik, sementara omega 6 ditemukan dalam makanan olahan yang buruk bagi kesehatan.

Mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti sushi dan ikan air dingin, misalnya salmon, dapat melindungi mata karena makanan ini menghasilkan lebih banyak minyak yang membantu menghentikan air mata menguap.

“Sekarang kita punya 16 kali lebih banyak omega 6 daripada omega 3 karena makanan olahan dan minyak goreng. Hal ini menyebabkan mata kering karena kekurangan omega 3,” kata Allamby.

Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang makan ikan hanya sekali seminggu lebih mungkin menderita mata kering daripada mereka yang makan ikan dua kali atau lebih dalam seminggu.

4. Sempatkan berjalan kaki 10 menit saat makan siang

Penelitian mengungkapkan bahwa semakin tinggi pendidikan seseorang, makan semakin besar kemungkinan mereka untuk membaca buku dan menatap layar komputer. Ini akan membuat mata mereka menjadi tegang.

“Kegiatan seperti membaca, atau bekerja di depan komputer memungkinkan mereka berada di tingkat yang lebih rendah dari cahaya di siang hari,” katanya.

Selain itu, penelitian juga telah menunjukkan bahwa anak-anak yang bermain di dalam ruangan cenderung mengalami masalah mata daripada mereka yang bermain di luar ruangan. Oleh karena itu, Allamby merekomendasikan untuk berolahraga di siang hari.

“Cahaya siang adalah cahaya terbaik untuk mencegah rabun dekat,” ungkapnya.

Dia menyarankan kepada para pekerja kantor yang bekerja di dalam ruangan untuk mengatur meja mereka di dekat jendela. Tetapi jika hal ini tidak mungkin, gLadies perlu berjalan-jalan selama istirahat makan siang setidaknya 10 menit.

5. Gunakan tetes mata

Untuk meminimalkan terjadinya mata kering, tetes mata akan sangat efektif terutama bagi gLadies yang memakai kontak lensa.

“Jika Anda mengalami gejala kekeringan, gunakan obat tetes mata,” saran Allamby. Gunakan tetes mata yang bebas dari bahan pengawet karena dapat mengiritasi mata.

(Sumber: Daily Mail Online, Metrotvnews.com)