Kintakun-collection.co.id – Sarapan terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Tak hanya mampu mengisi perut yang kosong di pagi hari, sarapan juga bisa memberikan energi yang dibutuhkan untuk aktivitasnya sepanjang hari.

Namun, sarapan ternyata juga bisa melatih kedisiplinan anak.

“Kalau tidak sarapan, besar kemungkinan si anak tidak disiplin waktu di pagi hari,” ujar Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Hardinsyah, di kawasan Lebak Bulus, Jakarta, dilansir dari beritasatu.com.

Jika sempat sarapan, si anak berarti mampu mengatur waktunya dengan baik. Hal ini dapat dilatih dengan membiasakan anak sarapan sebelum berangkat ke sekolah.

Waktu yang ideal untuk sarapan sendiri sebenarnya adalah sebelum memulai aktivitas, yaitu mulai pukul 05.00-09.00 WIB. Lebih dari itu, tubuh dan otak tak mampu berfungsi secara optimal dan akan terus berdampak sepanjang hari.

Sarapan sehat sebaiknya dibarengi dengan memberikan makanan dan minuman bebas dari cemaran dan mampu memenuhi setidaknya 15 – 30 persen asupan gizi yang dibutuhkan dalam sehari.

“Jadi jika anak-anak rata-rata membutuhkan 1.400 – 1.500 kilo kalori sepanjang hari, sarapan setidaknya harus bisa memberikan 300 – 400 kilo kalori untuk aktivitasnya di pagi hari,” jelas Hardinsyah.

Asupan tersebut juga dapat berdampak positif bagi performa anak di sekolah. Daya ingat serta tingkat konsentrasi anak-anak yang sarapan, umumnya lebih tinggi dibanding mereka yang tidak sempat makan pagi.

(Sumber: BeritaSatu.Com)