Kintakun-collection.co.id – Hari ini, 4 Februari 2015 diperingati sebagai hari kanker sedunia. Banyak acara dilaksanakan di Indonesia, mulai dari rangkaian seminar, acara pembagian makanan gratis bagi penderita kanker tidak mampu, hingga rumah singgah bagi pasien dari daerah yang sedang berobat di Jakarta.

Kanker hingga kini masih menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Data yang dilansir situs WHO (World Health Organization) hari ini mencatat ada lima jenis kanker yang paling sering menyerang dan membunuh laki-laki dan perempuan.

Kaum lelaki harus mewaspadai kanker paru-paru, kanker lambung, kanker hati, kanker kolorektal (usus besar), dan esofagus (tenggorokan). Pada perempuan, kanker payudara masih mendominasi diikuti kanker paru-paru, lambung, kolorekta, dan serviks (leher rahim).

Hari Kanker Sedunia mengajak semua orang untuk lebih peduli dan meningkatkan pengetahuannya akan penyakit kanker. Jangan salah menyimpulkan kanker pasti berujung kematian atau menganggapnya hanya sebagai masalah kesehatan.

Kalau dulu kanker adalah penyakit yang terasa jauh, kini semakin banyak kenalan, keluarga, atau teman yang terdiagnosis penyakit ini. Kunci utama kemenangan melawan kanker adalah mengenali gejalanya dan melakukan terapi sedini mungkin. WHO menyatakan dengan membekali diri akan informasi yang benar, peluang kesembuhan pun semakin besar.

Di negara berkembang, kanker serviks merupakan kanker yang paling umum menyerang. Padahal, jenis kanker ini sudah bisa dicegah dengan melakukan imunisasi dan deteksi dini. Kanker payudara, kanker serviks dan kolorektal dapat dicegah dengan terdeteksi dini dan diobati secara memadai.

Ada lebih dari 100 jenis kanker yang dapat menyerang hampir semua bagian tubuh. Tapi banyak jenis kanker yang sebenarnya dapat dicegah dengan menghindari paparan faktor risiko umum, seperti asap tembakau.

Lebih dari 30% kanker dapat dicegah, terutama dengan tidak mengkonsumsi tembakau termasuk merokok, menjaga pola makan sehat, secara fisik aktif dan moderat penggunaan alkohol.

Penggunaan tembakau merupakan penyebab terbesar kanker di dunia dan 22% kematian akibat kanker. Seperlima dari semua kanker di seluruh dunia disebabkan oleh infeksi kronis, seperti human papillomavirus (HPV) yang menyebabkan kanker serviks, serta virus hepatitis B (HBV) yang menyebabkan kanker hati.

Kanker adalah pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan menyebar. Pertumbuhan kanker sering menyerang jaringan di sekitarnya dan dapat bermetastasis (penyebaran kanker) ke tempat yang jauh.

(Sumber: Bisnis.com, Kompas.com)