Kintakun-collection.co.id – Hari Gizi Nasional (HGN) selalu menjadi momen berharga untuk membangun kesadaran berperilaku gizi seimbang. Pentingnya gizi dalam kehidupan bangsa Indonesia, sudah dirintis oleh almarhum Prof. Poorwo Soedarmo, Bapak Gizi Indonesia, sejak awal kemerdekaan tahun 1950.

Saat itu beliau diangkat oleh Menteri Kesehatan, almarhum dr. J. Leimena, untuk mengepalai Lembaga Makanan Rakyat (LMR) yang juga dikenal sebagai Instituut Voor Volksvoeding (IVV). Salah satu hasil perjuangan Prof. Poorwo Soedarmo adalah mendirikan Sekolah Djuru Penerang Makanan pada 25 Januari 1951. Mulai sejak tahun 1960 sampai sekarang, setiap tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional.

25 Januari 2015, kita memperingari Hari Gizi Nasional yang bertemakan “Bersama Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi”.

Dengan asupan makanan yang sehat bernutrisi, seperti sering dikemukakan oleh para dokter maupun ahli gizi, tubuh kita pun tumbuh sehat. Kata para dokter pula, tubuh kita tidak bisa sembarangan menerima makanan. Harus sesuai dengan takaran serta nilai-nilai kesehatan.

Makanan yang “biasa saja’ tapi dengan kandungan nutrisi yang cukup, bisa membuat hidup kita menjadi lebih baik. Gizi yang cukup mampu mengatasi berbagai penyakit dan mencegah terjadinya masalah kesehatan.

 

  • Renny Nuraini

    Selamat hari gizi nasional