Kintakun-collection.co.id – Setiap tanggal 10 Januari, masyarakat dunia merayakan hari sejuta pohon sedunia. Meski tidak banyak selebrasi yang digelar, penting untuk mengetahui kelestarian pohon yang bermanfaat banyak bagi manusia.

10931496_358368241017586_5706746577957036917_n Berita_wanita_Kintakun_collection | 10 Januari, Selamat Hari Sejuta Pohon Sedunia

Pohon sudah menjadi komponen alam yang sangat penting bagi setiap makhluk hidup di muka Bumi ini. Pohon diketahui dapat mengurangi kadar CO2 di udara dan menghasilkan O2. Pohon juga dapat menahan laju air sehingga akan lebih banyak yang terserap ke dalam tanah. Tidak heran jika ada pernyataan bahwa satu pohon memiliki sejuta manfaat bagi kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup. Namun, beberapa tahun belakangan ini, pesatnya pembangunan menyebabkan banyak pohon ditebang dan dikorbankan.

Hilangnya satu pohon telah memutus mata rantai kehidupan. Beberapa jenis hewan berkurang jumlahnya dan hampir punah karena habitat mereka rusak. Ditebangnya pohon pun menyebabkan panas Bumi meningkat, jumlah pasokan oksigen semakin berkurang, dan tingkat polusi udara cenderung meningkat. Demikian pula jumlah pasokan air dalam tanah semakin berkurang sehingga mengakibatkan masyarakat kesulitan memperoleh air bersih. Gundulnya hutan menyebabkan abrasi, longsor, hingga banjir bandang. Itulah sebabnya Pemerintah Indonesia mulai menerapkan kebijakan soal kelestarian pohon.

Penanaman pohon diharapkan mampu mereduksi dampak perubahan iklim, termasuk emisi gas karbon. Satu pohon dapat menghasilkan 20 juta kandungan oksigen yang dihirup umat manusia. Itulah sebabnya gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon harus terus digelorakan dan dilakukan secara kontinu. Keberhasilan program itu membutuhkan partisipasi seluruh komponen bangsa, mulai dari pemerintah, masyarakat, organisasi-organisasi kemasyarakatan, swasta, dan kalangan BUMN untuk mendukung suksesnya Gerakan Satu Juta Pohon.

 

  • Renny Nuraini

    Selamat hari sejuta pohon sedunia:-)