Kintakun-collection.co.id – Kalender Masehi di rumah dan kantor gLadies sudah berganti, dari 2014 ke 2015. Saat pergantian tahun tersebut, banyak orang yang merayakannya dengan berbagai cara. Ada yang berkemah bersama keluarga, pesta kembang api, nonton konser, atau yang lainnya. Bagaimana dengan gLadies?

Sebenarnya, tahun baru Masehi pertama kali dibuat pada tanggal 1 Januari 45 SM. Penggagasnya ialah Julius Caesar. Setelah dinobatkan, ia dibantu ahli astronomi asal Iskandariyah, Sosigenes, untuk  mengganti penanggalan tradisional Romawi yang telah diciptakan sejak abad ketujuh SM.

Sosigenes menyarankan agar sistem penanggalan baru dibuat dengan mengikuti revolusi matahari seperti yang digunakan orang Mesir. Satu tahun dalam penanggalan baru ini dihitung sebanyak 365 seperempat hari. Namun Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 SM sehingga tahun 46 SM dimulai pada 1 Januari.

Sebelum diganti, urutan penanggalan kalender yang dulu disebut Kalender Julian adalah 1- Januarius, 2- Februarius, 3- Martius, 4- Aprilis, 5- Maius, 6- Iunius, 7- Quintilis, 8- Sextilis, 9- September, 10- October, 11- November, dan 12- December. Sebelum Caesar meninggal ia mengganti nama bulan Quintilis menjadi namanya, yaitu Julius atau sekarang dikenal dengan bulan Juli. Sementara itu, bulan Sextilis diganti menjadi nama penggantinya yang bernama Kaisar Agustus. Dengan kata lain, bulan Sextilis diubah menjadi bulan Agustus.

Nama Januarius atau sekarang dikenal dengan nama Januari dipilih sebagai bulan pertama dengan dua alasan. Pertama, 1 Januari saat itu jatuh pada puncak musim dingin. Nah di saat itu biasa dilakukan pemilihan konsul diadakan karena semua aktivitas umumnya libur. Selanjutnya, di bulan Februari konsul yang terpilih diberkati dalam upacara menyambut musim semi.

Kedua, nama Januarius diambil dari nama dewa Romawi “Janus”. Ia adalah dewa bermuka dua, satu muka menghadap ke depan dan yang satu lagi menghadap ke belakang. Dewa bermuka dua ini diartikan sebagai gerbang menuju tahun yang baru.

  • Renny Nuraini

    Hari pertama dith 2015, happy new year