Kintakun-collection.co.id – Hari ini, 12 Desember, setiap tahunnya dirayakan sebagai Hari Belanja Online Nasional 2014 (Harbolnas). gLadies penggila belanja, jangan lewatkan moment setahun sekali ini untuk mendapatkan diskon besar-besaran dari puluhan e-commerce atau toko online terkemuka yang ada di Indonesia.

Bermula dua tahun lalu, tahun 2012, Harbolnas pertama kali diadakan di Indonesia. Aksi yang dikenal dengan 121212 tersebut diikuti oleh 7 e-commerce tanah air, sebab belum terlalu banyak pihak peritel yang tahu dan yakin untuk mengikutinya.

Setahun setelahnya, aksi 12-12 pun kembali dilakukan dan istilah Harbolnas diperkenalkan. Pada sehari itu toko online terkemuka memberi diskon besar bagi konsumen yang berbelanja di toko mereka, untuk produk-produk berkualitasnya.

Amerika Serikat (AS), Kanada, Inggris, Jerman dan Jepang terkenal mempunyai sebuah perayaan belanja online yang disebut Cyber Monday, di mana para peritel mengadakan promo dan diskon besar setelah Thanksgiving Day untuk menarik konsumen berbelanja online.

Cyber Monday sebenarnya diilhami dari perayaan belanja Black Friday yang dilaksanakan pada hari Jumat setelah Thanksgiving Day. Black Friday identik dengan dimulainya musim belanja Natal. Selama perayaan hari belanja Black Friday, toko-toko buka lebih lama dan berlomba-lomba menawarkan diskon besar-besaran atau cuci gudang untuk menarik pembeli.

Alasan disebut Black Friday adalah karena pada hari tersebut neraca pembukuan mereka berubah dari merah (rugi) menjadi hitam (untung). Ketika para retailer beroperasi pada bulan Januari-November, kebanyakan mencatat kerugian dikiaskan tinta merah, kemudian mendapat banyak profit dari penjualan besar ketika menjelang Natal dan libur Thankgiving Day (Black Friday).

Berbagai promosi khusus sehari penuh diberikan dari masing-masing toko online juga dilakukan di saat Harbolnas, demi menarik minat konsumen untuk berbelanja.

Tercatat 72 e-commerce atau toko online yang bakal mengikuti event Harbolnas 2014, yang pastinya tak sedikit memberi diskon bagi konsumennya. Nah, jangan lewatkan acara tersebut, dan siap-siap memborong berbagai kebutuhan gLadies.