Kintakun-collection.co.id – Hari ini, tanggal 21 November diperingati sebagai hari pohon sedunia. Hari yang merupakan momentum untuk mengingatkan kembali pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.

Sebagai salah satu makhluk hidup selain hewan dan manusia, tumbuhan memiliki peran untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Sekarang ini semakin banyak hutan yang sudah gudul dan digantikan oleh bangunan beton, padahal pohon memiliki peran penting untuk menyerap gas CO2 atau gas beracun lainnya. Tidak hanya itu, pohon juga sekaligus menghasilkan gas O2 atau oksigen, yang menjadi sumber kehidupan makhluk di muka bumi.

Setiap tahunnya, satu pohon saja dapat menghasilkan 260 pon O2 tiap tahunnya. Selain itu pohon juga dapat menyerap gas CO2 sebanyak 1 ton tiap tahunnya. Menanam kembali pohon merupakan kontribusi kita terhadap lingkungan. Pohon dapat  membantu menurunkan pengaruh global warming.

Selain itu, pohon juga bisa menjadi solusi dalam mencegah bencana alam seperti longsor dan banjir langganan yang terjadi, seperti di Jakarta belakangan ini. Karena selain sebagai penetralisir udara, pohon juga berperan penting dalam penyerapan air.

Data dari University of Maryland mengatakan, Indonesia hampir kehilangan 5.956.972 hektare hutan selama tahun 2000-2012. Padahal Indonesia menjadi negara yang menjadi paru-paru dunia lho, gLadies.

Dengan fakta yang ada tentunya Hari Pohon Sedunia ini menjadi momentum bagi gLadies untuk melestarikan pohon, agar keharmonisan dan keseimbangan ekologis tetap terjaga. Selamat, hari pohon sedunia.