Kintakun-collection.co.id – Peringatan Hari Ibu merupakan sesuatu kegiatan yang sudah tidak asing lagi bagi kita gLadies, karena hampir di segala penjuru dunia telah memperingati Hari Ibu. Tapi lainnya halnya dengan Hari Ayah, khususnya di Indonesia perayaan Hari Ayah tidak begitu populer, kenapa ya gLadies?

Hari Ayah Nasional diperingati hari ini Rabu, 12 November 2014. Peringatan Hari Ayah merupakan perayaan di seluruh dunia yang dimulai sejak awal abad XII. Meski demikian, perayaan Hari Ayah di berbagai negara dilakukan pada tanggal berbeda dalam rentang setahun.

Khusus di Indonesia, peringatan Hari Ayah Nasional tergolong unik. Perayaannya baru dimulai pada 12 November 2006 lalu dan kurang populer di mata kebanyakan rakyat Indonesia. Adalah Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP), komunitas komunikasi lintas agama yang menjadi motor penggerak perayaan hari spesial tersebut.

Pendeklarasian Hari Ayah dilakukan di Pendapa Gede Balaikota Solo, Jawa Tengah. PPIP berangkat dari fakta bahwa ayah sebagai bagian dari keluarga memegang peran sangat penting dalam pembentukan karakter keluarga. Peringatan Hari Ayah juga menunjukkan bahwa orang tua merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Jika ada Hari Ibu untuk mengenang jasa ibu, maka sewajarnya sebagai penyeimbang ada Hari Ayah.

Secara umum, ada lebih dari 75 negara, termasuk Amerika Serikat, Jerman, Italia hingga Hongkong yang merayakan Hari Ayah pada hari Minggu pekan ketiga bulan Juni. Biasanya Hari Ayah ini dirayakan seperti Hari Ibu internasional, dengan hadiah kepada ayah atau kegiatan kekeluargaan.