Kintakun-collection.co.id – Kurang dari seminggu lagi, hari raya Idul Adha akan datang. Ini adalah momen penting bagi umat Muslim di dunia, selain hari raya Idul Fitri.

Idul Adha yang juga disebut sebagai Idul Nahr bermakna Hari Raya Penyembelihan. Sebab umat Muslim menyembelih hewan-hewan seperti kambing, sapi, atau domba untuk memeringati ujian yang dulu dilewati dengan baik oleh Nabi Ibrahim.

Melalui mimpi, Allah menguji iman sang Nabi untuk mengorbankan puteranya guna disembelih, dengan tangannya sendiri. Karena begitu patuhnya pada Allah, Ibrahim kemudian mengikhlaskan anaknya. Namun pada detik-detik penyembelihan, Tuhan mengganti anak Nabi dengan domba. Kini guna memeringati momen tersebut, seluruh umat Islam di dunia merayakan Idul Adha dengan berkurban menyembelih sapi atau kambing.

Lalu kemana daging kurban dibagikan?

Yang perlu diketahui, orang yang melakukan kurban juga berhak mendapat daging dari hewan yang mereka kurbankan. Selain untuk dikonsumsi sendiri, biasanya daging-daging kurban akan diberikan ke fakir miskin, sahabat, dan kerabat. Selain itu, petugas yang melakukan penyembelihan biasanya juga akan mendapat pembagian.