Kintakun-collection.co.id – gLadies, tepat hari ini, opera seria yang digubah oleh Wolfgang Amadeus Mozart pertama kali dimainkan. Opera La clemenza di Tito yang bermakna Pengampunan Titus tersebut merupakan ide dari karya Metastasio. Buat Kamu yang penggemar musik klasik, pasti tahu dong.

Opera Ini adalah opera terakhirnya, dimulai ketika Mozart sedang menulis opera Die Zauberflöte (Mozart memulai The Magic Flute ). Biografer Mozart Niemetschek mengklaim bahwa Mozart menyelesaikan opera ini dalam waktu hanya 18 hari dengan terburu-buru – sedemikian rupa hingga resitatifnya ditulis oleh orang lain, kemungkinan murid Mozart Süssmayr. Mozart diminta menciptakan Tito untuk penobatan Kaisar Leopold II sebagai raja Bohemia.

Pertunjukan untuk umum opera ini diadakan pada tanggal 6 September 1791 di Estates Theatre di Praha. Kerennya, Opera ini tetap terkenal setelah kematian Mozart, sang maestro. Tetapi ahli Mozart menyatakan bahwa opera ini tidak sebagus opera Mozart yang lainnya karena dia tidak begitu serius menulis opera ini.

Alfred Einstein pada tahun 1945 menulis bahwa “ada kebiasaan untuk mencibirkan La clemenza di Tito dan menolaknya karena dianggap sebagai produk yang dibuat tergesa-gesa dan dalam keadaan lelah,” lalu ia melanjutkan cemoohnya bahkan hingga mengecam tokoh-tokohnya sebagai boneka – mis., “Tito tak lebih daripada sekadar boneka yang mewakili sikap mengampuni” — dan mengklaim bahwa opera seria ini sudah berada dalam keadaan sekarat. Namun, dalam tahun-tahun belakangan ini, opera ini telah mendapatkan penghargaan kembali. Stanley Sadie menganggap opera ini memperlihatkan Mozart “menanggapi dengan hati-hati, sikap bangsawan, dan hangat terhadap rangsangan yang baru”.